Gedung Bank of England di Kota London, Inggris (Justin Tallis/AFP)
Gedung Bank of England di Kota London, Inggris (Justin Tallis/AFP)

Bank Sentral Inggris Luncurkan Aturan Baru Lindungi Perekonomian

Ekonomi ekonomi inggris bank of england (boe)
22 Desember 2018 14:01
London: Bank sentral Inggris atau Bank of England (BoE) menguraikan aturan baru untuk melindungi ekonomi dan pembayar pajak dari kegagalan bank terkait pengulangan krisis keuangan. BoE berharap krisis keuangan tidak kembali terjadi dan momentum pertumbuhan ekonomi bisa terus berlanjut.

BoE memberi label penanganan kegagalan bank, pembuangan aset-asetnya dan memenuhi kewajibannya sebagai resolvabilitas, dan bermaksud menjalankan rencana baru untuk memperkuat sistem keuangan. Hal itu terungkap dalam makalah yang menilai resolvabilitas dan makalah lainnya yang menguraikan rezim pengungkapan data publik untuk bank.

Mengutip Xinhua, Sabtu, 22 Desember 2018, langkah itu dinilai mempermudah identifikasi jalur yang jelas untuk menangani kegagalan bank. BoE menggabungkan dua makalah bersama sebagai Kerangka Acuan Penyelidikan Resolusi atau Resolvability Assessment Framework (RAF) yang akan dilaksanakan pada 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Melalui RAF akan memungkinkan layanan bank terus berlanjut setelah resolusi sehingga pihak berwenang atau manajemen baru dapat merestrukturisasi bank, atau membiarkannya gagal dalam cara yang teratur. Selain itu, bisa mengurangi risiko bagi deposan, sistem keuangan dan keuangan publik, menurut BoE. Di Inggris, ketika terjadi krisis keuangan di 2008, terdapat dua bank besar yakni Lloyds dan RBS yang diselamatkan Pemerintah Inggris untuk mencegah keruntuhan mereka dan melindungi sistem keuangan dari konsekuensi yang mengerikan. Pemerintah pun mengeluarkan 20 miliar poundsterling untuk membeli saham di Lloyds dan 45 miliar poundsterling di RBS.

Selain itu, pemerintah menyediakan miliaran poundsterling dalam bentuk likuiditas untuk bank-bank besar lainnya yang nantinya dipergunakan untuk menyelamatkan. Sejak saat itu, akhirnya BoE membangun rezim peraturan yang lebih ketat, dan paket rencana baru adalah bagian penting dari hal itu.

"RAF adalah bagian utama dalam rezim resolusi Inggris untuk bank. Kerangka ini menempatkan tanggung jawab pada bank dan secara terbuka memperlihatkan kesiapan mereka untuk melakukan resolusi dan bahwa mereka telah mengidentifikasi risiko untuk penyelesaian yang sukses," kata Deputi Gubernur BoE Jon Cunliffe.


(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi