PM Italia Enrico Letta saat menyambangi New York Stock Exchange -- AP Photo/Richard Drew
PM Italia Enrico Letta saat menyambangi New York Stock Exchange -- AP Photo/Richard Drew

BUMN Kereta Api Italia Listing di Bursa Demi Kurangi Utang Publik

Ekonomi ekonomi italia
Antara • 20 November 2014 09:56
medcom.id, Roma: Italia mengambil langkah konkret untuk pertama kalinya menuju privatisasi sistem perkeretaapian dan mencatatkannya di bursa saham sebagai bagian dari upaya mengurangi utang publik besar negara itu.
 
Perwakilan dari perusahaan kereta api milik negara (FS) serta kementerian transportasi dan perekonomian bertemu di Roma untuk membahas prosedur privatisasi ini. Demikian disampaikan Kementerian Perekonomian Italia, dalam sebuah pernyataannya, seperti dikutip dari AFP, Kamis (20/11/2014).
 
"Sebuah kelompok kerja dibentuk untuk mempersiapkan semua langkah yang diperlukan untuk pembukaan modal perusahaan (kepada investor swasta) dan pencatatannya (di bursa saham)," tambah kementerian itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


FS adalah perusahaan induk yang mempekerjakan 70 ribu orang di beberapa bisnis berbeda, termasuk operator kereta api Trenitalia dan perusahaan yang menjalankan jaringan rel.
 
Menteri Keuangan Italia, Pier Carlo Padoan, mengatakan ia ingin memprivatisasi kereta api dengan cepat. "Ini adalah kesempatan penting untuk merealisasikan nilai dari sebuah perusahaan yang telah menunjukkan dirinya sebagai mesin modernisasi bagi
negara," kata dia.
 
Italia sangat membutuhkan tambahan kas nasional karena utang publik berjalan dalam lebih dari 130 persen dari produk domestik bruto dan masih naik karena kegagalan untuk mengurangi defisit anggaran tahunan.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif