NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto : AFP.
Ilustrasi. Foto : AFP.

Brexit hingga Korona Ganggu Kepercayaan Investor Global

Ekonomi virus korona ekonomi global brexit
Eko Nordiansyah • 02 Februari 2020 12:25
Jakarta: Keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) membuat kekhawatiran akan ketidakpastian global semakin meningkat. Apalagi saat ini dunia dihebohkan dengan menyebarnya virus korona dari Tiongkok yang diprediksi bakal menambah gejolak ekonomi dunia.
 
"Ini situasi yang mengganggu stabilitas pasar modal global. Apalagi sekarang ada wabah korona yang memengaruhi kepercayaan investor," kata Ekonom Indef Bhima Yudhistira kepada Medcom.id di Jakarta, Minggu, 2 Februari 2020.
 
Dirinya menambahkan Brexit bisa memyebabkan guncangan di sektor keuangan. Pasalnya selama ini Inggris merupakan pusat keuangan global, sehingga Brexit akan mengubah image pelaku pasar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Meskipun beberapa pelaku pasar sudah price in untuk mengantisipasi gejolak paska brexit. Kita khawatir London tidak lagi menjadi pusat keuangan di Eropa. Kantor-kantor pusat bank dan perusahaan investasi akan pergi dari Inggris," jelas dia.
 
Selain itu, Bhima menilai terpisahnya Inggris dari Eropa secara ekonomi juga akan mempengaruhi jalannya rantai pasok. Bagi eksportir asal Indonesia, kondisi ini tentunya akan menyebabkan ketidakpastian.
 
"Selama ini Indonesia melakukan ekspor bahan baku industri ke Eropa kemudian diolah menjadi produk akhir dan dikirim ke Inggris. Artinya pola distribusi barang akan mengalami prubahan signifikan. Ini menambah ketidakpastian bagi eksportir bahan baku Indonesia," pungkasnya.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif