Gedung The Fed (Karen Bleier/AFP)
Gedung The Fed (Karen Bleier/AFP)

Ketua Fed: Ketegangan Perdagangan Bebani Ekonomi AS

Ekonomi ekonomi amerika the fed
11 Juli 2019 09:16
Washington: Ketua Federal Reserve Amerika Serikat Jerome Powell mengatakan ketegangan perdagangan dan kekhawatiran tentang pertumbuhan global telah membebani aktivitas ekonomi Amerika Serikat (AS) dan prospeknya. Kondisi ini patut diwaspadai dan perlu dicarikan jalan keluarnya secepat mungkin.
 
Dalam pidatonya yang dipersiapkan kepada anggota parlemen di Komite Jasa-jasa Keuangan, di mana ia bersaksi tentang Laporan Semester Kebijakan Moneter, Powell mengatakan banyak peserta Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Fed melihat bahwa kasus untuk kebijakan moneter yang lebih akomodatif telah menguat.
 
Mengutip Antara, Kamis, 11 Juli 2019, Powell mengatakan para pejabat Fed memperhatikan arus lintas yang sedang berlangsung dari pertumbuhan global dan perdagangan pada pertemuan FOMC Mei, menambahkan bahwa sejak itu arus lintas telah muncul kembali, menciptakan ketidakpastian yang lebih besar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemajuan nyata dalam perdagangan berubah menjadi ketidakpastian yang lebih besar, dan kontak kami dalam laporan bisnis dan pertanian meningkatkan kekhawatiran atas perkembangan perdagangan. Indikator pertumbuhan dari seluruh dunia mengecewakan, meningkatkan kekhawatiran pelemahan dalam ekonomi global terus mempengaruhi ekonomi AS," tuturnya.
 
Kekhawatiran tersebut, kata Powell, mungkin telah berkontribusi pada penurunan kepercayaan bisnis dalam beberapa survei baru-baru ini dan mungkin sudah mulai ditunjukkan data-data yang masuk. Powell mengatakan pertumbuhan dalam investasi bisnis telah melambat dan pertumbuhan keseluruhan pada kuartal kedua tampaknya telah moderat.
 
Memperhatikan bahwa inflasi berada di bawah sasaran 2,00 persen FOMC, Powell mengatakan, ada risiko inflasi yang lemah akan lebih persisten daripada yang Fed perkirakan saat ini. Hal ini mengisyaratkan kemungkinan penurunan suku bunga.
 
Powell mengulangi pernyataan yang dia buat setelah pertemuan FOMC pada Juni bahwa the Fed akan bertindak sewajarnya untuk mempertahankan ekspansi ekonomi saat ini.
 
"Sejak itu, berdasarkan data yang masuk dan perkembangan lainnya, tampak bahwa ketidakpastian seputar ketegangan perdagangan dan kekhawatiran tentang kekuatan ekonomi global terus membebani prospek ekonomi AS. Tekanan inflasi tetap tidak berubah," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif