Bank Sentral Jepang Diperkirakan Pertahankan Kebijakan Moneter
Gedung Bank of Japan (FOTO: AFP)
Tokyo: Bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BoJ) diperkirakan menjaga pengaturan moneternya tidak berubah dan mengindikasikan kesiapannya untuk mempertahankan program stimulus besar-besaran untuk saat ini. Hal itu karena gesekan perdagangan global dan kegelisahan pasar keuangan mempersuram prospek ekonomi.

Mengutip Antara, Rabu, 31 Oktober 2018, mencerminkan meningkatnya kekhawatiran atas penderitaan bertahun-tahun dari suku bunga mendekati nol yang berdampak pada laba bank, BoJ mungkin mengeluarkan peringatan yang sedikit lebih kuat tentang kerentanan keuangan dalam laporan triwulanan yang akan dirilis pada Rabu waktu setempat.

Tetapi setiap perubahan dalam bahasa tentang risiko-risiko keuangan tidak mungkin menandakan kenaikan suku bunga jangka pendek, karena menambah headwinds eksternal dan menggelapkan prospek untuk mencapai target inflasi 2,0 persen BoJ, sebuah sumber yang akrab dengan pemikiran itu mengatakan.

"Untuk BoJ, fokusnya adalah pada bagaimana ekonomi Jepang dapat dipengaruhi oleh risiko-risiko seperti meningkatnya perang perdagangan, penyesuaian stok global, dan kenaikan harga minyak dari meningkatnya risiko-risiko geopolitik," kata Kepala Ekonom JPMorgan Securities Jepang Hiroshi Ugai.

Ketika BoJ melihat risiko-risiko penurunan pada ekonomi, tidak terpikirkan bagi bank untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut yang dapat menyebabkan kenaikan dalam imbal hasil jangka panjang. Pada kajian suku bunga dua hari yang berakhir pada Rabu, BoJ diperkirakan mempertahankan janji untuk memandu suku bunga jangka pendek pada minus 0,1 persen.

Sembilan anggota dewan bank sentral juga akan menerbitkan proyeksi pertumbuhan dan inflasi baru dalam laporan triwulan yang menilai prospek dan risiko-risiko ekonomi jangka panjang. BoJ mungkin sedikit memangkas pertumbuhannya dan perkiraan harga untuk tahun fiskal saat ini yang berakhir pada Maret 2019.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id