Ilustrasi. FOTO: dok MI.
Ilustrasi. FOTO: dok MI.

Membayar Tagihan Minimum Kartu Kredit Justru Bikin Rugi

Ekonomi kartu kredit tips keuangan
Nia Deviyana • 14 November 2019 15:07
Jakarta: Pernahkah Anda tergoda untuk membayar minimum dari jumlah tagihan kartu kredit? Pembayaran minimum adalah jumlah minimal yang harus dibayarkan agar nama Anda di bank tetap baik. Mungkin terdengar bisa meringankan, namun ini sangat tidak direkomendasikan dan justru merugikan.
 
Director of National Priorities at Consumer Action Linda Sherry mengimbau Anda selalu membayar tagihan secara penuh. Adapun membayar tagihan minimum hanya disarankan hanya jika benar-benar kepepet.
 
Melansir CNBC International, Kamis, 14 November 2019, Linda menjelaskan membayar minimum setiap bulan membuat Anda lebih lama dalam melunasi kartu kredit.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu karena banyak kartu kredit memiliki suku bunga tinggi. Hanya membayar minimum akan menyebabkan Anda membayar lebih banyak bunga dan memperpanjang jangka waktu utang Anda," ujarnya.
 
Misalnya, jika Anda memiliki saldo kartu kredit USD7.800 dengan tingkat bunga 15 persen, dan Anda melakukan pembayaran minimum tiga persen, maka akan butuh 44 bulan untuk membayar utang seluruhnya, ditambah bunga sebesar USD2.353.
 
Kesimpulannya, ketika melakukan pembayaran minimum, nasabah hanya membayar sebagian besar untuk bunga.
 
Linda menuturkan membayar pembayaran minimum kartu kredit memang mencerminkan bahwa nasabah masih memiliki tanggung jawab yang baik agar kredit tidak macet. Tetapi bukan berarti tidak memengaruhi nilai kredit yang akan berpengaruh ketika nasabah mengajukan pinjaman.
 
"Karena persepsinya, ketika Anda hanya membayar minimum, Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk melunasi saldo terutang, yang berpengaruh pada penilaian finansial Anda," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif