Qatar Janjikan Investasi USD15 Miliar di Turki
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: AFP)
Ankara: Pejabat Turki mengatakan Qatar telah menjanjikan investasi senilai USD15 miliar berupa investasi langsung untuk Turki yang saat ini sedang berjuang dengan krisis mata uang. Sejauh ini, Pemerintah Turki terus melakukan berbagai macam upaya dalam rangka menstabilkan pelemahan mata uang lira terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

Pejabat dari Kantor Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan janji itu dibuat oleh Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, yang bertemu dengan pemimpin Turki pada Rabu waktu setempat. Para pejabat memberikan informasi hanya pada kondisi anonimitas, sesuai dengan peraturan pemerintah. Mereka tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang sifat investasi.

"Selama pertemuan, Erdogan dan Al Thani juga menyatakan tekad mereka untuk mengembangkan hubungan antara negara mereka di semua area," menurut pejabat tersebut, seperti dikutip dari CNBC, Jumat, 17 Agustus 2018.

Turki dan Qatar telah menjalin hubungan erat selama bertahun-tahun, di mana Ankara mendukung Doha selama kebuntuan tahun lalu dengan negara-negara Teluk lainnya, termasuk mengirim pasukan ke pangkalan Turki di sana. Keduanya terus menjalin hubungan dengan harapan saling memberikan keuntungan.



 International Monetary Fund (IMF) sebelumnya mengungkapkan Turki harus berkomitmen penuh pada kebijakan ekonomi yang sehat untuk meningkatkan stabilitas dan mengurangi ketidakseimbangan di tengah volatilitas pasar. Hal itu penting dilakukan saat perselisihan antara Washington dan Ankara masih terus berlangsung.

Adapun IMF mengatakan tidak ada indikasi bahwa Pemerintah Turki sedang mempertimbangkan meminta bantuan keuangan dari Dana Moneter Internasional yang berbasis di Washington untuk membantu penyelesaian krisis mata uang tersebut. Sejauh ini, Juru Bicara IMF mengatakan, IMF sedang memantau situasi dengan seksama.

Mengingat gejolak pasar baru-baru ini maka pemerintahan baru akan perlu menunjukkan komitmen untuk kebijakan ekonomi yang sehat guna mempromosikan stabilitas makroekonomi dan mengurangi ketidakseimbangan. Hal itu penting agar investor merasa aman dan nyaman menanamkan investasinya di Turki.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id