Bank Sentral Eropa Tahan Suku Bunga
Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Frankfurt: Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga utama di kawasan euro.

Melansir Xinhua, Jumat, 14 September 2018, suku bunga dasar zona euro akan tetap di 0,00 persen. Adapun suku bunga deposito dan pinjaman masing-masing sebesar 0,25 persen dan minus 0,40 persen.

Dewan Gubernur ECB terus berharap bahwa suku bunga utama akan tetap pada tingkat ini setidaknya hingga musim panas 2019. ECB ingin memastikan berlanjutnya konvergensi inflasi berkelanjutan ke tingkat lebih rendah,tetapi mendekati dua persen dalam jangka menengah.

ECB menegaskan kembali bahwa pembelian aset bersih bulanan akan dipotong hingga 15 miliar euro (USD17,54 miliar) dari Oktober hingga akhir Desember 2018.

"Tapi biarkan saya menjelaskan bahwa ini tidak berarti bahwa kebijakan moneter kami berhenti bersifat akomodatif," kata Presiden ECB Mario Draghi.

Dia menyatakan bahwa tingkat akomodasi akan tetap sangat signifikan, melalui kebijakan reinvestasi, program panduan, dan suku bunga.

ECB sedikit menurunkan prakiraannya untuk pertumbuhan ekonomi Zona Euro tahun ini dan tahun depan menjadi dua persen dan 1,8 persen, terutama karena kontribusi yang agak lemah dari permintaan luar negeri.

Draghi mengingatkan bahwa risiko yang berkaitan dengan meningkatnya proteksionisme, kerentanan di pasar negara berkembang dan volatilitas pasar keuangan telah semakin meningkat akhir-akhir ini.

Sementara itu, ada juga faktor seperti kebijakan fiskal yang kurang netral, peningkatan pasar tenaga kerja dan kenaikan upah, yang akan mendukung ekspansi ekonomi di kawasan euro.

ECB mempertahankan perkiraan inflasi untuk kawasan euro di tahun-tahun berikutnya hingga 2020 tidak berubah, yaitu Indeks Harga Konsumen Harmonized (HICP) akan tumbuh sebesar 1,7 persen per tahun.

Inflasi diperkirakan akan meningkat menjelang akhir tahun dan setelah itu akan meningkat secara bertahap dalam jangka menengah, didukung oleh langkah-langkah kebijakan moneter, ekspansi ekonomi yang berkelanjutan dan pertumbuhan upah yang meningkat.

Menanggapi permintaan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker untuk mempromosikan euro sebagai mata uang global, Draghi mengatakan bahwa ECB siap bekerja sama dengan Komisi Uni Eropa dan negara-negara anggota pada mendefinisikan atau meningkatkan peran internasional euro, meskipun itu bukan bagian dari mandat ECB.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id