Presiden AS Donald Trump. FOTO: Nicholas Kamm/AFP
Presiden AS Donald Trump. FOTO: Nicholas Kamm/AFP

Trump: Pembicaraan Dagang dengan Tiongkok Berjalan Baik

Ekonomi ekonomi amerika ekonomi china tiongkok as-tiongkok Perang dagang
Antara • 05 Desember 2019 08:52
Watford: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengklaim pembicaraan perdagangan dengan Tiongkok berjalan sangat baik. Pernyataan Trump terdengar lebih positif dibandingkan dengan hari sebelumnya ketika ia mengatakan kesepakatan perdagangan mungkin harus menunggu sampai setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2020.
 
"Diskusi berjalan sangat baik dan kita akan melihat apa yang terjadi," kata Trump, kepada wartawan pada pertemuan para pemimpin NATO, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 5 Desember 2019.
 
Komentarnya terkait kesepakatan dagang dilakukan usai Pilpres AS 2020 meningkatkan prospek perpanjangan ketegangan perdagangan antara ekonomi terbesar dunia dan ekonomi terbesar kedua di dunia, mendorong jatuhnya harga saham di seluruh dunia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saham-saham kembali bangkit pada perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB), ketika Bloomberg melaporkan bahwa kedua belah pihak lebih dekat untuk menyetujui berapa banyak tarif akan dibatalkan dalam kesepakatan perdagangan fase satu.
 
Investor khawatir bahwa kebuntuan perundingan perdagangan Amerika Serikat dan Tiongkok, yang telah menandai kepresidenan Trump sejak dimulai pada 2017, akan menambah perlambatan ekonomi global. Wall Street bangkit kembali dari penurunan hari sebelumnya pada akhir perdagangan Rabu (Kamis WIB).
 
Kondisi itu karena optimisme investor mendapat dorongan dari pernyataan Presiden AS Donald Trump bahwa pembicaraan dengan Tiongkok mengenai kesepakatan perdagangan sementara berjalan sangat baik. Ketiga indeks saham utama AS mengakhiri penurunan beruntun tiga hari yang dipimpin oleh saham-saham keuangan, perawatan kesehatan, dan teknologi.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average naik 146,97 poin atau 0,53 persen, menjadi berakhir di 27.649,78 poin. Indeks S&P 500 bertambah 19,56 poin atau 0,63 persen, menjadi ditutup di 3.112,76 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir naik 46,03 poin atau 0,54 persen, menjadi 8.566,67 poin.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif