Moddy Pangkas Peringkat Kredit Italia

Arif Wicaksono 21 Oktober 2018 13:10 WIB
ekonomi italiamoodys
Moddy Pangkas Peringkat Kredit Italia
Moody. Dok:AFP.
Roma: Moody's Investors Service kembali memangkas peringkat kredit Italia ke satu tingkat di atas sampah atau junk. Pemangkasan ini terkait kekhawatiran tentang kekuatan fiskal negara dan penundaan rencana reformasi struktural.

Nilai kredit diturunkan satu tingkat ke Baa3 dan prospek bergeser ke stabil. Langkah ini dilakukan di tengah meningkatnya situasi anggaran Italia yang mendorong aksi jual surat utang lokal. 

"Telah ada perubahan material dalam strategi fiskal, dengan defisit anggaran yang jauh lebih tinggi yang direncanakan untuk tiga tahun mendatang dibandingkan dengan ekspektasi sebelumnya," kata Moody's dikutip dari Bloomberg, Minggu, 21 Oktober 2018. 

Moody mencatat bahwa utang publik dan negara akan tetap sekitar 130 persen dari produk domestik bruto. 

"Level yang membuat Italia rentan terhadap guncangan domestik atau eksternal yang berasal dari masa depan, khususnya untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah," kata Moody. 

Target fiskal Italia, ditambah dengan ketegangan dalam koalisi pemerintah atas proposal pengampunan pajak. Proposal ini telah memicu skeptisisme tentang kelangsungan kebijakan pemerintah dan dampaknya terhadap perekonomian Italia. 

Pemerintah Italia menargetkan pertumbuhan 1,5 persen pada 2019, diikuti 1,6 persen dan 1,4 persen pada tahun-tahun berikutnya.  Pejabat Uni Eropa telah lama mengisyaratkan akan sulit bagi komisi Uni Eropa untuk tidak menolak rencana pengeluaran Italia jika target pemerintah tetap tidak berubah. Komisi Uni Eropa meyakini bahwa target defisit 2019 sebesar 2,4 persen telah melebihi batasan Uni Eropa. 

Komisi telah meminta celah yang lebih kecil bagi Italia untuk menurunkan beban utangnya, yang totalnya 2,3 triliun euro (USD2,7 triliun) yang jika dibandingkan dengan PDB sebagai yang tertinggi kedua di kawasan euro setelah Yunani.

Moody pun memperkirakan defisit anggaran sekitar 2,5 persen dari PDB dalam setiap tiga tahun mendatang. Sementara S & P Global Ratings menilai kredit Italia dua tingkat di atas junk. Pada Agustus Fitch mengubah prospek negara menjadi negatif dari stabil. 






(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id