Harapan Kesepakatan Brexit Picu Euro dan Poundsterling Melesat
Ilustrasi (FOTO: AFP)
New York: Mata uang euro dan poundsterling menguat pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB), didukung oleh optimisme untuk kesepakatan Brexit. Sementara itu, dolar Amerika Serikat (USD) melemah terhadap sejumlah mata uang utama lainnya, sekalipun imbal hasil obligasi AS melayang di tingkat tertinggi dalam beberapa tahun.

Mengutip Antara, Kamis, 11 Oktober 2018, poundsterling mencapai tertinggi dua minggu di USD1,3216 pada Rabu, 10 Oktober dan mempertahankan kenaikan 0,45 persen pada hari itu. Poundsterling mencapai level terkuat terhadap euro sejak 15 Juni di 87,23 pence. Euro menguat 0,3 persen menjadi USD1,15270 dan bertahan stabil di 129.750 yen.

Namun, kenaikan mata uang tunggal Eropa itu dibatasi oleh kekhawatiran tentang keberlanjutan keuangan publik Italia. Hal itu terjadi meski Menteri Ekonomi Italia Giovanni Tria menegaskan kembali bahwa pemerintah akan melakukan segala daya untuk mendapatkan kembali kepercayaan pasar keuangan.

"Ada lebih banyak optimisme bahwa mereka akan menemukan beberapa kesepakatan antara Inggris dan Uni Eropa sebelum Brexit," kata Kepala Global Riset Valas G10 Standard Chartered Bank Steve Englander, di New York.

Minggu ini, para perunding Brexit telah mengisyaratkan kemajuan menuju syarat-syarat bagi Inggris untuk meninggalkan blok ekonomi pada Maret, yang memberi para investor harapan untuk keberangkatan yang teratur. Namun, kehati-hatian tetap ada karena rinciannya sedikit.

Pada Rabu 10 Oktober, perunding Brexit UE, Michel Barnier, mengatakan kedua pihak telah menyetujui banyak hal dari perjanjian menjelang pertemuan puncak semua 28 pemimpin nasional blok tersebut pada minggu depan.

"Kami melihat banyak volatilitas, jadi kabar baik mungkin sementara karena Uni Eropa telah cepat menolak sebagian besar proposal sekalipun itu memiliki dukungan dari Partai Buruh," kata Juan Perez, pedagang mata uang senior Tempus, Inc. di Washington.



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id