Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu)
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu)

Mendag Bahas Ekonomi ASEAN

Ekonomi kementerian perdagangan asean indonesia-asean
23 April 2019 10:27
Phuket: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kemarin bertolak ke Phuket, Thailand, dalam rangka menghadiri rangkaian pertemuan ASEAN Economic Ministers (AEM) Retreat ke-25.
 
Dalam agenda itu, para menteri ekonomi di kawasan tersebut akan membahas berbagai isu dan rencana prioritas ke depan.
 
"Salah satu yang akan kami bahas adalah usulan deliverables bidang ekonomi yang diusung Thailand serta penyelesaian perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP)," ujar Enggartiasto kepada Media Indonesia, Senin, 22 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam lawatannya ke 'Negeri Gajah Putih', Enggar, demikian ia disapa, juga memiliki agenda lain, yakni mengadakan pertemuan bilateral dengan beberapa negara mitra seperti Thailand, Filipina, dan Vietnam.
 
Dalam kesempatan itu akan dibahas beberapa isu perdagangan yang menjadi perhatian tiap-tiap negara. "Yang utama kami akan membahas akses pasar, hambatan perdagangan, dan beberapa isu perdagangan lainnya."
 
AEM Retreat merupakan pertemuan rutin yang diadakan setiap awal tahun dengan tujuan membahas isu-isu yang harus segera ditangani ASEAN sebelum pertemuan AEM reguler, yang pada tahun ini akan digelar pada September 2019 di Thailand.
 
Sebelumnya, pertemuan AEM Retreat ke-24 diselenggarakan di Singapura pada Maret 2018. Dari pertemuan itu, seluruh negara anggota menyepakati kerja sama perdagangan niaga elektronik, penerapan sertifikasi mandiri, dan ASEAN Single Window.
 
Tahun ini, Kemendag menargetkan akan menyelesaikan 12 perjanjian perdagangan internasional, termasuk dengan negara-negara tujuan ekspor nontradisional, seperti Maroko dan Tunisia. Enggar mengatakan langkah ini dapat menjadi pembuka perdagangan untuk lebih luas lagi. (Media Indonesia)
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif