Jack Ma: Perdagangan Tidak Bisa Digunakan untuk Perang
Jack Ma (FOTO: AFP)
Hangzhou: Pendiri Alibaba Jack Ma mengatakan upaya harus terus dilakukan untuk mempromosikan perkembangan perdagangan sehat antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS). Hal itu harus dilakukan meski sulit dalam memenuhi janji sebelumnya untuk menciptakan satu juta pekerjaan di AS dalam situasi seperti sekarang ini.

Jack Ma mengatakan janji tersebut didasarkan pada kerja sama yang ramah antara Tiongkok dan Amerika Serikat serta pertumbuhan perdagangan yang rasional antara kedua negara. Selama hubungan baik tercipta maka janji tersebut bisa segera dilaksanakan demi keuntungan kedua belah pihak.

"Namun, dasar perdagangan sebelumnya telah dirusak. Tapi kami akan terus bekerja keras untuk mempromosikan perkembangan perdagangan Tiongkok-AS yang sehat. Perdagangan bukan senjata dan tidak bisa digunakan untuk perang. Perdagangan harus menjadi baling-baling perdamaian," kata Jack Ma, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 22 September 2018.

Jack Ma menuturkan Alibaba selalu bekerja menuju tujuan untuk membuat aktivitas bisnis lebih mudah dan menyenangkan. Dengan latar belakang meningkatnya proteksionisme perdagangan dan anti-globalisasi, Ma menambahkan, tujuan telah menjadi lebih relevan.

Dia mengatakan generasi muda dan kepemimpinan baru di Alibaba akan terus maju menuju tujuan, bahkan setelah dia mundur. "Para wirausahawan dan perusahaan yang baik semua memiliki masa-masa sulit, dan perusahaan-perusahaan terbaik sering lahir di masa-masa sulit atau telah melalui masa-masa seperti itu," kata Ma.

Dirinya menilai peluang bisnis masih melimpah di dunia, seperti di Eropa, Amerika Selatan, Rusia, dan Afrika. Apalagi, Tiongkok juga melanjutkan reformasi dan memperbaiki lingkungan bisnis. "Masih banyak hal yang harus dan dapat dilakukan oleh perusahaan Tiongkok. Mereka masih memiliki banyak peluang meski ada gesekan perdagangan antara Tiongkok-AS," kata Ma.

Lebih lanjut, Ma tetap yakin tentang masa depan perusahaan setelah mengumumkan rencananya untuk mengundurkan diri. Ma mengumumkan dalam sebuah surat terbuka pada 10 September bahwa ia akan pensiun sebagai Chariman Alibaba pada 10 September 2019, ulang tahun ke-20 Alibaba. Dirinya akan digantikan CEO Alibaba Daniel Zhang.

"Saya yakin ini akan menjadi waktu kemajuan bagi perusahaan dan saya sendiri," pungkas Jack Ma.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id