Arab Saudi. foto : AFP.
Arab Saudi. foto : AFP.

IMF Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Arab Saudi Naik Dua Kali Lipat di 2022

Ekonomi IMF Inflasi arab saudi OPEC Ekonomi Global
Arif Wicaksono • 21 April 2022 16:55
Riyadh: Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan ekonomi Saudi akan tumbuh lebih dari dua kali lipat pada 2022 karena harga minyak mencapai level tertinggi dalam beberapa tahun.
 
Dikutip dari Arab News, Kamis, 21 April 2022, IMF telah menaikkan perkiraannya untuk pertumbuhan PDB Saudi sebesar 2,8 persen dari sebelumnya menjadi 7,6 persen tahun ini.
 
Dalam World Economic Outlook yang diterbitkan hari ini, IMF memperkirakan PDB turun menjadi 3,6 persen pada 2023, setelah menaikkannya dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,8 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami menaikkan perkiraan kami tentang tingkat pertumbuhan ekonomi Saudi sebesar 2,8 poin persentase, yang mencerminkan peningkatan produksi minyak sesuai dengan perjanjian OPEC+, bersamaan dengan pertumbuhan output non-minyak yang melebihi ekspektasi," kata laporan itu.
 
IMF juga memperkirakan inflasi Saudi menjadi sekitar 2,5 persen pada 2022 turun dari tahun lalu, tren yang akan berlanjut pada 2023 juga.
 
Laporan itu menunjukkan, kenaikan harga komoditas yang disebabkan oleh perang dan meluasnya tekanan harga telah menyebabkan proyeksi inflasi 2022 sebesar 5,7 persen di negara maju dan 8,7 persen di pasar negara berkembang dan ekonomi berkembang minus 1,8 dan 2,8 poin persentase lebih tinggi dari yang diproyeksikan Januari lalu.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif