Transportasi Uber. Foto : AFP.
Transportasi Uber. Foto : AFP.

Aplikasi Transportasi Online Semakin Populer di Arab Saudi

Ekonomi arab saudi transportasi uber startup timur tengah
Arif Wicaksono • 15 April 2022 15:40
Riydah: Karena semakin populernya aplikasi transportasi online seperti Uber's Careem, banyak orang mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan sebagai pengemudi secara permanen karena ini memastikan penghasilan tetap.
 
"Dulu menggunakan kendaraan pribadi mereka untuk layanan ride-hailing sebagai pekerjaan paruh waktu, sekarang sekitar 40 ribu orang berpikir untuk mengambilnya sebagai karier secara permanen karena banyak dari mereka mengaku berpenghasilan sekitar SR10 ribu (USD3.750) per bulan," kata juru bicara resmi untuk Otoritas Umum Transportasi Saleh Al -Zuwaid dikutip dari Arab News, Jumat, 15 April 2022.
 
Pengungkapan dari pejabat transportasi datang pada saat beberapa perusahaan termasuk Careem Uber berencana untuk memperluas tenaga kerja mereka di Arab Saudi, karena meningkatnya permintaan untuk layanan transportasi mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat berbicara dengan saluran TV Al-Ekhbariya, Al-Zuwaid mengatakan bahwa lebih dari 800 ribu pria dan wanita Saudi saat ini menggunakan aplikasi ini untuk mencari nafkah. Dia mengatakan para pekerja ini menyediakan lebih dari 65 juta perjalanan pada 2021.
 
Al-Zuwaid juga menyatakan bahwa lebih dari 10 ribu wanita saat ini bekerja di sektor bimbingan kendaraan Careem, misalnya, melihat setidaknya peningkatan dua kali lipat dalam layanannya di 13 pasar di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Pakistan pada 2021. Ini menyelesaikan 109 juta perjalanan, kata perusahaan itu dalam laporan tren pelanggan dan bisnis 2021.
 
Transaksi mobil dan sepeda tumbuh 2,6 kali lipat dibandingkan Desember 2020, sedangkan layanan pengiriman dan pembayaran tagihan masing-masing tumbuh 2,4 kali dan dua kali lipat.
Pada 2021, satu dari tujuh pelanggan di Arab Saudi menggunakan beberapa layanan di aplikasi, dan kombinasi layanan yang paling populer adalah layanan transportasi online dan pengiriman makanan.
 
Tujuan ke bandara dengan alat transportasi Careem terbanyak pada 2021 adalah Jeddah dengan 57 ribu perjalanan, Karachi dengan 211 ribu perjalanan, dan Dubai dengan 207 ribu perjalanan.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif