Brexit. Foto ; AFP.
Brexit. Foto ; AFP.

UE dan Inggris Setuju Meningkatkan Pembicaraan Mengenai Brexit

Ekonomi uni eropa brexit
Arif Wicaksono • 04 Oktober 2020 10:42
London: Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan kepala eksekutif UE, Ursula von der Leyen sepakat untuk meningkatkan pembicaraan Brexit guna menutup celah yang menghalangi kemitraan perdagangan baru.
 
Kedua belah pihak mengatakan putaran paembicaraan minggu ini bertujuan untuk mendapatkan perjanjian perdagangan baru pasca-Brexit dari 2021 membuat beberapa kemajuan tetapi bukan terobosan baru. UE mengatakan kesepakatan harus disegel pada akhir bulan ini untuk memberikan cukup waktu untuk ratifikasi pada akhir tahun ini.
 
"Mereka sepakat tentang pentingnya menemukan kesepakatan, jika memungkinkan, sebagai dasar yang kuat untuk hubungan strategis UE-Inggris di masa depan," kata mereka dalam pernyataan bersama dikutip dari Channel News Asia, Minggu, 4 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemajuan telah dicapai dalam beberapa pekan terakhir tetapi kesenjangan yang signifikan tetap ada, terutama tetapi tidak hanya di bidang perikanan, tingkat lapangan bermain, dan tata kelola," tambahnya.
 
Kedua pemimpin menginstruksikan negosiator Brexit mereka, Michel Barnier dan David Frost untuk bekerja secara intensif untuk mencoba menjembatani celah tersebut.
 
Lebih banyak pembicaraan perdagangan akan dilakukan di London minggu depan dan di Brussel minggu berikutnya sebelum 27 pemimpin Uni Eropa nasional bertemu pada 15-16 Oktober untuk menilai kemajuan.
 
Diperkirakan perdagangan tahunan senilai triliun euro akan dipertaruhkan jika mereka gagal mencapai kesepakatan. UE mengatakan tidak akan menerapkan kesepakatan baru jika London merusak perjanjian Brexit sebelumnya dengan rancangan RUU Pasar Internal.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif