Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang. Foto: AFP.
Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang. Foto: AFP.

PM Li Keqiang Janji Kestabilan, Ekonomi Tiongkok akan Bangkit !

Arif Wicaksono • 01 Oktober 2022 14:54
Beijing: Tiongkok akan berusaha untuk mengkonsolidasikan pemulihan ekonominya karena pembangunan negara itu menghadapi kesulitan dan tantangan. Pemerintah yakin menjaga operasi ekonomi dalam kisaran yang wajar untuk mencapai pemulihan ekonomi.
 
baca juga: Tiongkok Tawarkan Pinjaman USD42 Miliar untuk Belanja Infrastruktur

"Saat ini, pembangunan masih menghadapi banyak kesulitan dan tantangan," kata Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang dikutip dari Channel News Asia, Sabtu, 1 Oktober 2022.
 
"Kami tidak akan membuang waktu secara efektif menerapkan berbagai kebijakan untuk menstabilkan ekonomi, meningkatkan antusiasme semua pihak, fokus pada urusan kami sendiri dan mengkonsolidasikan fondasi pemulihan ekonomi." jelas dia.
 
Pemerintah Tiongkok dalam beberapa bulan terakhir meluncurkan serangkaian langkah-langkah kebijakan untuk meningkatkan ekonomi, yang nyaris lolos dari kontraksi pada kuartal Juni, tetapi pemulihannya tetap dangkal karena berlanjutnya pembatasan ketat Covid-19 dan kemerosotan properti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Li juga berjanji untuk mendorong reformasi, mempromosikan pembukaan ekonomi dan menstabilkan perdagangan luar negeri dan investasi asing. Aktivitas pabrik Tiongkok memperpanjang penurunan pada Agustus karena infeksi Covid-19 baru, gelombang panas terburuk dalam beberapa dekade dan sektor properti yang diperangi membebani produksi.
 
"Indeks Manajer Pembelian (PMI) manufaktur resmi naik menjadi 49,4 pada Agustus dari 49,0 pada Juli," kata Biro Statistik Nasional (NBS) Tiongkok dikutip dari Channel News Asia, Rabu, 31 Agustus 2022.
 
Indeks tetap di bawah tanda 50 poin yang memisahkan kontraksi dari pertumbuhan tetapi lebih tinggi dari 49,2 yang diharapkan dalam jajak pendapat analis Reuters. Sub-indeks untuk pesanan baru tumbuh sebesar 0,7 poin, sedangkan sub-indeks ketenagakerjaan naik tipis sebesar 0,3 poin. Tetapi sub-indeks untuk waktu pengiriman pemasok turun 0,6 poin di tengah kasus baru covid-19.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif