Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Uni Eropa Usulkan UU untuk Penerapan Kesepakatan OECD tentang Pajak

Ekonomi pajak ekonomi eropa uni eropa OECD
Angga Bratadharma • 23 Desember 2021 17:07
Brussels: Komisi Eropa mengusulkan adanya undang-undang tentang tarif pajak minimum untuk perusahaan usai ada kesepakatan di level global yang dicapai di antara 20 ekonomi terbesar dunia (G-20). Usulan itu dinilai penting guna diimplementasikan secara konsisten di seluruh wilayah di Uni Eropa (UE).
 
Proposal Komisi mencakup seperangkat aturan umum tentang cara menghitung tarif pajak efektif 15 persen yang disepakati secara global. "Pada Oktober tahun ini, 137 negara mendukung perjanjian multilateral bersejarah untuk mengubah perpajakan perusahaan global," kata Komisaris Ekonomi UE Paolo Gentiloni, dilansir dari The Business Times, Kamis, 23 Desember 2021.
 
"Arah yang kami ajukan akan memastikan bahwa tarif pajak efektif minimum 15 persen yang baru untuk perusahaan besar akan diterapkan dengan cara yang sepenuhnya kompatibel dengan hukum UE," tambahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gentiloni mengatakan Komisi Eropa akan mengusulkan undang-undang kedua di pertengahan 2022 untuk mengimplementasikan bagian lain dari perjanjian OECD dan G-20 tentang realokasi hak perpajakan.
 
Undang-undang pajak perusahaan minimum UE akan berlaku untuk perusahaan mana pun, domestik, dan internasional, dengan pendapatan gabungan 750 juta euro per tahun, yang berlokasi di UE.
 
Untuk mengurangi dampak pada kelompok yang melakukan kegiatan ekonomi riil, lanjut Komisi Eropa, perusahaan akan dapat mengecualikan dari perhitungan pajak jumlah pendapatan yang sama dengan lima persen dari nilai aset berwujud dan lima persen dari gaji.
 
Untuk masa transisi 10 tahun, pengecualian akan lebih tinggi, mulai dari delapan persen aset berwujud dan 10 persen dari gaji yang secara bertahap akan menurun setiap tahun.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif