Gedung European Central Bank (ECB). FOTO: AFP
Gedung European Central Bank (ECB). FOTO: AFP

Bank Sentral Eropa Siap Naikkan Suku bunga di Juli

Angga Bratadharma • 24 Mei 2022 12:02
Brussels: European Central Bank (ECB) siap menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade. Bank sentral Eropa telah menjadi sorotan karena sikapnya yang kurang agresif terhadap kebijakan moneter dibandingkan dengan bank sentral lainnya.
 
Namun, ekspektasi kenaikan suku bunga telah tumbuh dalam beberapa bulan terakhir di tengah peningkatan inflasi yang berkelanjutan, dengan pelaku pasar sekarang menunjuk setidaknya empat kenaikan suku bunga sebelum akhir tahun.
 
"Kami berada di jalan yang benar," kata Presiden Bundesbank Jerman dan salah satu anggota ECB yang lebih hawkish Joachim Nagel, dilansir dari CNBC International, Selasa, 24 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam pertemuan kami yang sangat penting di Maret, kami memutuskan untuk mengakhiri pembelian aset bersih kami dan pada pertemuan Juni, bergantung pada data, kami mungkin akan memutuskan untuk berhenti," tuturnya.
 
"Dan saya mengatakan ini karena data ini berbicara dengan bahasa yang sangat meyakinkan di sini bahwa kami hentikan pembelian kami dan setelah itu saya yakin kami akan segera melihat kenaikan suku bunga pertama," katanya.
 
Komentarnya menunjukkan kenaikan suku bunga pertama bisa terjadi pada Juli, setelah ECB memperdebatkan perkiraan ekonomi baru yang dirilis bulan sebelumnya. Nagel, yang menjabat sejak Januari, telah memperingatkan tentang inflasi yang lebih tinggi sejak mengambil peran tersebut, dan sekarang melihat lebih banyak momentum menuju peningkatan suku bunga.
 
"Saya sangat menghargai banyak rekan sekarang dari Dewan Pemerintahan bergabung dengan posisi saya di sini," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif