Markas WTO di Jenewa. FOTO: AFP/Fabrice COFFRINI
Markas WTO di Jenewa. FOTO: AFP/Fabrice COFFRINI

UE Bakal Libatkan WTO untuk Selesaikan Pertikaian Perdagangan Tiongkok-Lithuania

Ekonomi ekonomi china ekonomi eropa Tiongkok uni eropa wto Perang dagang
Angga Bratadharma • 20 Desember 2021 14:04
Brussels: Komisi Eksekutif Uni Eropa dapat membawa sengketa perdagangan antara Tiongkok dan Lithuania ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Hal itu jika menemukan bukti bahwa Beijing melanggar aturan perdagangan internasional.
 
"Tiongkok menekan raksasa suku cadang mobil Jerman Continental untuk berhenti menggunakan komponen yang dibuat di Lithuania di tengah perselisihan antara Beijing dan negara Baltik mengenai status Taiwan," dikutip dari dua orang yang mengetahui masalah tersebut, dilansir dari Channel News Asia, Senin, 20 Desember 2021.
 
Pemerintah Tiongkok, yang memandang Taiwan memiliki pemerintahan sendiri sebagai wilayahnya, menurunkan hubungan diplomatik dengan Lithuania bulan lalu setelah pembukaan kantor perwakilan oleh Taiwan di Vilnius.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian luar negeri Tiongkok menyangkal bahwa Beijing telah menekan perusahaan multinasional untuk tidak menggunakan suku cadang yang diproduksi oleh Lituania meskipun mengatakan perusahaannya tidak lagi mempercayai Lituania.
 
Komisi Eropa mengatakan sedang mengumpulkan informasi untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, dan kemudian akan memutuskan tindakan lebih lanjut. "Kami sedang menjajaki langkah-langkah di WTO dan pengaduan resmi ke WTO. Tentu saja, banyak langkah lain yang secara teoritis mungkin," kata Juru Bicara Komisi Eropa.
 
"Untuk membangun kasus di WTO, kita perlu memiliki cukup bukti, jadi itu lah yang sebenarnya kita lakukan sekarang," kata juru bicara lain, menambahkan bahwa komisi tersebut berhubungan dengan pihak berwenang di Lithuania dan negara-negara anggota lain yang mungkin menghadapi masalah serupa.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif