Ilustrasi. FOTO: AFP/FAYEZ NURELDINE
Ilustrasi. FOTO: AFP/FAYEZ NURELDINE

Para Menteri Keuangan G20 Sepakat Perlunya Koordinasi Kebijakan Fiskal dan Moneter

Ekonomi KTT G20 ekonomi dunia Ekonomi Global G20 Presidensi G20
Angga Bratadharma • 04 Mei 2022 10:05
Singapura: Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong mengatakan para menteri keuangan G20 telah menyepakati perlunya mengoordinasikan kebijakan fiskal dan moneter untuk memastikan stabilitas ekonomi global. Hal itu ketika negara-negara menuju sebuah badai yang sempurna yang berasal dari berbagai krisis.
 
Wong menghadiri pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral kedua G20 dan pertemuan Musim Semi Bank Dunia-IMF di Amerika Serikat. "Kami bertemu dalam keadaan luar biasa. Dalam banyak hal, kita sedang menuju badai sempurna dari berbagai krisis," kata Wong, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 4 Mei 2022.
 
"Dan itu lah sebabnya para menteri keuangan membahas dan menyepakati kita perlu mengoordinasikan kebijakan kita, baik itu kebijakan fiskal maupun moneter, untuk memastikan stabilitas ekonomi global selama periode ini," tambahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan negara-negara juga harus mempertimbangkan masalah jangka panjang yang membara lainnya saat menghadapi krisis langsung. Ini termasuk memperkuat sistem kesehatan masyarakat global dan mengatasi perubahan iklim.
 
"Kami melakukan diskusi yang baik di antara kami sendiri tentang bagaimana kami dapat memajukan agenda penting ini. Dalam masa yang tidak pasti ini, kami tidak dapat mengambil pendekatan negara demi negara. Kami membutuhkan kerja sama multilateral yang lebih kuat, untuk pulih bersama dan untuk pulih lebih kuat," kata Wong.
 
Wong juga bertemu dengan para pemimpin dan pejabat internasional pada pertemuan tersebut, termasuk Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Malaysia Zafrul Abdul Aziz, dan Sekretaris Jenderal Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) Mathias Cormann.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif