Ilustrasi. Foto: AFP.
Ilustrasi. Foto: AFP.

Investor Takut Suku Bunga Naik, Obligasi Berjangka Korsel Tersungkur

Antara • 16 Mei 2022 14:16
Seoul: Obligasi berjangka pemerintah Korea Selatan (Korsel) jatuh pada perdagangan Senin pagi. Penurunan ini terjadi setelah kepala bank sentral negara itu tetap membuka pintu untuk kenaikan suku bunga yang lebih besar dari biasanya dalam beberapa bulan mendatang untuk memerangi inflasi.
 
Melansir Antara, Senin, 16 Mei 2022, untuk kontrak Juni, obligasi berjangka pemerintah tiga tahun yang paling likuid turun sebanyak 43 tick (pergerakan harga satu poin) sebelum memangkas kerugian sedikit untuk diperdagangkan 37 tick lebih rendah di 105,23.
 
"(Saya mungkin bisa mengatakannya) setelah menyaksikan pertemuan kebijakan Mei dan lebih banyak data sekitar Juli dan Agustus," kata Gubernur Bank Sentral Korea (BoK) Rhee Chang-yong ketika ditanya wartawan apakah bank sedang mempertimbangkan kenaikan suku bunga 50 basis poin pada pertemuan 26 Mei.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bank Sentral Korea Selatan biasanya menaikkan atau memotong suku bunga acuan dalam 25 basis poin.  Pada pertemuan empat mata pertama mereka sejak menjabat bulan ini, Rhee dan Menteri Keuangan Choo Kyung-ho sepakat meningkatkan koordinasi kebijakan dalam memerangi inflasi dan ketidakstabilan pasar keuangan, risiko terbesar yang dihadapi perekonomian saat ini.
 
Mereka juga sepakat, risiko penurunan pertumbuhan di ekonomi terbesar keempat di Asia itu telah meningkat, demikian pernyataan bersama dari kedua organisasi tersebut.
 
Dua pembuat kebijakan ekonomi paling kuat di negara itu mengadakan pertemuan satu lawan satu pertama mereka pada Senin, setelah menjabat bulan ini dan sebagai tindak lanjut dari kehadiran mereka pada pertemuan Jumat, 13 Mei 2022 yang diselenggarakan oleh Presiden Yoon Suk-yeol.
 
Pernyataan itu tidak mengungkapkan komentar lebih lanjut tentang kelas atau indikator aset tertentu.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif