Saham Sagami, yang berspesialisasi dalam perusahaan kecil dan menengah, telah meroket dan naik lebih dari 340 persen sejak listing Juni lalu. Sebanyak 73 persen saham Sagami di perusahaan itu sekarang bernilai lebih dari USD1 miliar, berdasarkan harga penutupan hari Jumat sebesar 10.090 yen per saham (USD74,36).
Melansir Forbes, Senin, 1 Mei 2023, M&A Research Institute didirikan pada 2018. Perusahaan ini menggunakan kecerdasan buatan untuk mencocokkan pembeli potensial dengan perusahaan yang biasanya menghadapi risiko penutupan, meskipun menguntungkan, karena pemiliknya sudah tua dan tidak dapat menemukan penggantinya.
Perusahaan Sagami telah menjadi mahir dalam menutup transaksi dengan cepat, rata-rata membutuhkan lebih dari enam bulan untuk menyelesaikan transaksi versus rata-rata industri dalam setahun.
Pada kuartal yang berakhir Desember 2022, ia menyelesaikan 33 transaksi, dengan 426 kesepakatan lainnya masih dalam proses, menurut laporan pendapatan terbarunya.
Aktivitas M&A telah melonjak di Jepang, mencapai rekor tertinggi 4.304 transaksi pada 2022, menurut Recof, sebuah perusahaan Jepang yang melacak pasar M&A. Ini berkisar dari transaksi tiket besar hingga transaksi ukuran sedang yang Sagami targetkan.
Tahun lalu, perusahaan investasi AS KKR memprivatisasi Sistem Transportasi Hitachi Jepang dalam kesepakatan senilai USD5,2 miliar. Kesepakatan masa lalu M&A Research Institute mencakup penjualan perusahaan TI senilai 200 juta yen (pendapatan) tanpa penerus saingan 1,5 miliar yen (pendapatan) yang mencari ekspansi.
Baca juga: Deretan Negara dengan Miliarder Terbanyak di Dunia, RI Nomor Berapa Ya? |
Rekam jejak Sagami
Sagami, yang pekerjaan pertamanya adalah bidang periklanan dan bukan keuangan, didorong oleh pengalamannya sendiri untuk terjun ke bidang M&A.Pada 2015, ia mendirikan perusahaan media mode bernama Alpaca yang diakuisisi oleh Vector, agen hubungan masyarakat yang terdaftar di Tokyo, dan kemudian berganti nama menjadi Smart Media. Sagami, yang saat itu berusia pertengahan dua puluhan, terus bekerja di perusahaan tersebut dan membantunya melakukan akuisisi lebih lanjut.
Saat berada di sana, dia melihat apa yang menurutnya tidak efisien dalam proses pembuatan kesepakatan, tulisnya dalam postingan di situs web M&A Research Institute.
Sementara itu, Sagami juga menyaksikan bisnis kakeknya terpaksa ditutup karena tidak ada penerus yang tetap menjalankannya. Tujuan menyeluruh Sagami adalah untuk membantu melestarikan UKM Jepang.
Lebih dari 99 persen dari semua perusahaan di Jepang adalah UKM dan sekitar dua pertiga dari mereka tidak memiliki penerus, menurut Teikoku Databank, sebuah perusahaan riset keuangan.
M&A Research Institute menerapkan sistem pencocokan bertenaga AI untuk membantu mencari calon pembeli bisnis yang pemiliknya ingin menjual. Itu membebankan biaya keberhasilan, dibayarkan hanya ketika kesepakatan selesai. Sistem penetapan harga yang ramah klien dan pendekatan berbasis AI ini telah memberikan keunggulan dalam persaingan, kata perusahaan itu.
Sukses mendorong Sagami untuk membawa M&A Research Institute ke publik di pasar pertumbuhan bursa saham Tokyo pada Juni tahun lalu, kurang dari empat tahun setelah perusahaan itu didirikan.
M&A Research Institute melaporkan laba bersih sebesar USD7,1 juta dengan pendapatan sebesar USD15,7 juta untuk kuartal yang berakhir pada Desember 2022. Pendapatan tahunan perusahaan melonjak hampir 200 persen secara tahun-ke-tahun menjadi USD28,8 juta pada tahun fiskal yang berakhir pada September 2022, dengan keuntungannya melonjak hampir empat kali lipat menjadi USD9,8 juta selama periode yang sama.
Jumlah penasihat M&A di perusahaan telah meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 90 pada akhir Desember. Sagami pun menemukan banyak pemilik bisnis yang menguangkan bagaimana menginvestasikan kekayaan baru mereka, sehingga kini telah berkembang menjadi perusahaan manajemen aset.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News