Ilustrasi. FOTO: AFP/Andrew
Ilustrasi. FOTO: AFP/Andrew

Bank Dunia Setujui Pembentukan Dana untuk Perkuat Perang Lawan Pandemi

Angga Bratadharma • 03 Juli 2022 14:04
New York: Bank Dunia atau World Bank menyetujui pembentukan dana untuk membiayai investasi dalam memperkuat perang melawan pandemi. Dana tersebut akan mendukung pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons (PPR), dengan fokus pada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.
 
"Biaya manusia, ekonomi, dan sosial covid-19 yang menghancurkan telah menyoroti kebutuhan mendesak akan tindakan terkoordinasi untuk membangun sistem kesehatan yang lebih kuat dan memobilisasi sumber daya tambahan," katanya, dilansir dari Channel News Asia, Minggu, 3 Juli 2022.
 
Bank Dunia mengatakan, dana tersebut, yang rencananya dibuka akhir tahun ini, dikembangkan di bawah kepemimpinan Amerika Serikat, Italia, dan Indonesia sebagai bagian dari kepresidenan G20, dan dengan dukungan luas dari G20. Ini akan digunakan di sejumlah bidang, termasuk pengawasan penyakit, dengan komitmen USD1 miliar lebih yang diumumkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bank Dunia adalah penyedia pembiayaan terbesar untuk PPR dengan operasi aktif di lebih dari 100 negara berkembang untuk memperkuat sistem kesehatan mereka," kata Presiden Bank Dunia David Malpass.
Baca: Tujuh Tips Dorong Penjualan di Festival Belanja Lokapasar

Bank Dunia menyatakan apa yang disebut dana perantara keuangan (FIF) akan memberikan pembiayaan untuk melengkapi pekerjaan lembaga yang ada dalam mendukung negara dan kawasan berpenghasilan rendah dan menengah untuk mempersiapkan pandemi berikutnya.
 
"Organisasi Kesehatan Dunia adalah pemangku kepentingan dalam proyek tersebut dan akan memberikan keahlian teknis," kata Presiden WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.
 
Presiden AS Joe Biden mengatakan lebih dari satu juta orang Amerika dan jutaan orang di seluruh dunia telah kehilangan nyawa karena covid-19. Kondisi itu menggarisbawahi pentingnya meningkatkan investasi dalam kesiapsiagaan pandemi.
 
"Ketika datang untuk mempersiapkan pandemi berikutnya, biaya kelambanan lebih besar daripada biaya tindakan. Berinvestasi dalam kesiapsiagaan sekarang adalah hal yang benar dan hal yang cerdas untuk dilakukan," pungkas Biden.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif