Ilustrasi bursa saham Asia - - Foto: dok AFP
Ilustrasi bursa saham Asia - - Foto: dok AFP

Prospek Saham Asia Suram, Ini Penyebabnya

Ekonomi Saham Bursa Saham suku bunga bursa saham asia Lockdown
Antara • 09 Mei 2022 10:29
Sydney: Prospek saham Asia suram imbas kekhawatiran akan kenaikan suku bunga dan lockdown di Shanghai. Kedua faktor tersebut diyakini mengganggu pertumbuhan ekonomi global hingga dikhawatirkan menimbulkan resesi.
 
"Serangkaian kenaikan suku bunga dan komunikasi hawkish datang dengan latar belakang anjloknya aktivitas Tiongkok dan Eropa, rencana baru untuk larangan energi Rusia dan tekanan sisi pasokan yang berkelanjutan," kata analis Barclays, Senin, 9 Mei 2022.
 
Menurutnya, kebijakan nol covid-19 Tiongkok dan pengetatan pembatasan kegiatan di Shanghai turut memangkas indeks berjangka S&P 500 sebesar 0,6 persen, indeks berjangka Nasdaq melemah 0,7 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan obligasi berjangka 10-tahun AS juga merosot. Nikkei berjangka menjadi 26.745 dibandingkan penutupan di pasar reguler 27.003 pada Jumat kemarin.
 
Di sisi lain, investor juga menunggu laporan harga konsumen AS terutama data inflasi. Adapun inflasi inti terlihat naik 0,4 persen pada April, naik dari 0,3 persen di bulan sebelumnya.
 
"Itu terlalu tinggi untuk The Fed dan kami pikir FOMC tidak akan santai tentang inflasi sampai angka inti moderat menjadi sekitar 0,2 persen secara berkelanjutan," jelasnya.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif