Jerman. Foto : AFP.
Jerman. Foto : AFP.

Jerman Dukung Embargo Uni Eropa atas Minyak Rusia

Ekonomi migas Ekspor minyak bumi jerman uni eropa Rusia-Ukraina
Arif Wicaksono • 03 Mei 2022 13:47
Kyiv: Jerman mengatakan bahwa pihaknya siap untuk mendukung embargo langsung Uni Eropa (UE) terhadap ekspor minyak Rusia. Hal ini merupakan sebuah perubahan besar dari pelanggan energi terbesar Moskow yang dapat membuat Uni Eropa memberlakukan hal yang sama.
 
Kanselir Olaf Scholz, yang lebih berhati-hati daripada para pemimpin Barat lainnya dalam mendukung Ukraina, berada di bawah tekanan yang semakin besar untuk mengambil garis yang lebih tegas, termasuk dari dalam koalisi pemerintahan Sosial Demokrat sendiri.
 
"Jerman tidak menentang larangan minyak di Rusia. Tentu saja itu adalah beban berat untuk ditanggung tetapi kami akan siap untuk melakukan itu," ujar Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck dari Partai Hijau, dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 3 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan batu bara dan minyak, sekarang mungkin untuk melupakan (semua)impor Rusia," kata Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner dari FDP yang pro-bisnis kepada surat kabar Die Welt.
 
Jerman telah mengurangi pangsa minyak Rusia dalam impornya menjadi 12 persen untuk 35 persen sebelum Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022.
 
Namun Jerman perlu berbulan-bulan untuk menghentikan minyak mentah Rusia untuk mengurangi dampak ekonomi di dalam negeri.
 
Bagian timur Jerman khususnya bergantung pada bahan bakar dari kilang milik perusahaan minyak negara Rusia Rosneft, yang dilayani oleh pipa yang dibangun pada era Soviet yang membentang ribuan mil ke ladang minyak di Siberia.
 
Eropa menyapih dari gas alam Rusia kemungkinan akan terbukti lebih sulit daripada menemukan sumber minyak lainnya.
 
Rusia telah menuntut pelanggan Eropa membayar gas dalam rubel, yang ditolak UE. Pekan lalu, Moskow memutus pasokan ke Polandia dan Bulgaria. Para menteri Uni Eropa bertemu pada hari Senin untuk membahas tanggapan bersama.
 
Ekspor energi Rusia sebagian besar telah dibebaskan dari sanksi internasional atas perang di Ukraina. Kyiv mengatakan bahwa celah itu berarti negara-negara Eropa mendanai upaya perang Kremlin, mengirim Moskow ratusan juta euro setiap hari.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif