Ilustrasi pembeli mengantre di outlet Starbucks - - Foto: AFP/ Paul J Richard
Ilustrasi pembeli mengantre di outlet Starbucks - - Foto: AFP/ Paul J Richard

Starbucks Hengkang dari Rusia, 130 Gerai Ditutup

Antara • 24 Mei 2022 12:25
New York: Starbucks Corp memutuskan keluar dari Rusia setelah hampir 15 tahun membuka 130 gerai di negara tersebut. Merek kopi terbesar dunia ini dioperasikan oleh pemegang lisensi Alshaya Group, dengan hampir 2.000 karyawan.
 
Keputusan Starbucks untuk menghentikan operasinya di Rusia berbeda dengan pendekatan yang dilakukan beberapa perusahaan asing lainnya. McDonald's pekan lalu menjual restorannya di Rusia kepada pemegang lisensi lokal Alexander Govor untuk diganti namanya dengan nama baru.
 
Mengutip Antara, Selasa, 24 Mei 2022, Renault Perancis menjual saham mayoritasnya di produsen mobil terbesar Rusia dengan opsi untuk membeli kembali sahamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Termasuk Imperial Brands dan Shell, memutuskan hubungan dengan pasar Rusia dengan menyetujui untuk menjual aset mereka di negara tersebut atau menyerahkannya kepada manajer lokal.
 
Pada Maret, Starbucks menutup tokonya dan menangguhkan semua aktivitas bisnis di Rusia, termasuk pengiriman produknya ke negara itu, menyusul invasi Moskow ke Ukraina.
 
Perusahaan, yang membuka gerai pertamanya di Rusia pada 200 ini memastikan membayar gaji karyawan mereka selama enam bulan ke depan. Namun, Starbucks tidak menjelaskan dampak keuangan dari keluarnya perusahaan tersebut. 
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif