Ilustrasi pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) - - Foto: dok IMF
Ilustrasi pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) - - Foto: dok IMF

IMF Desak Dunia Segera Atasi Krisis Pangan

Antara • 19 Mei 2022 08:06
Washington: Dana Moneter Internasional (IMF) mendesak negara di dunia segera mengambil tindakan cepat dalam mengatasi krisis pangan akibat perang Rusia-Ukraina.
 
"Tekanan-tekanan ini terjadi pada saat keuangan publik negara-negara sudah meregang dari pandemi dan beban utang tinggi," kata Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Kamis, 19 Mei 2022.
 
Menurutnya, krisis pangan rentan memicu kerusuhan dan kelaparan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah. Apalagi inflasi global terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir.
 
"Dengan inflasi mencapai tingkat tertinggi yang terlihat dalam beberapa dekade, rumah tangga rentan di negara berpenghasilan rendah dan menengah paling berisiko mengalami kerawanan pangan akut," terang dia.
 
Karena itu, komunitas dunia dinilai perlu mengambil tindakan cepat sebagaimana krisis pangan pada 2007 lalu. Adapun lembaga keuangan internasional akan mendorong program yang mendukung masyarakat rentan, mempromosikan perdagangan terbuka, mengurangi kelangkaan pupuk, mendukung produksi pangan, berinvestasi dalam pertanian tahan iklim, dan berkoordinasi untuk dampak maksimum.
 
"Bekerja sama dengan Bank Dunia dan lembaga keuangan internasional lainnya, IMF akan memberikan saran kebijakan, bantuan pengembangan kapasitas, dan dukungan keuangan untuk membantu lebih lanjut menganalisis dan melengkapi pembiayaan dari lembaga lain," tambahnya.
 
IMF juga akan memberikan pembiayaan jangka panjang yang terjangkau bagi negara-negara yang menghadapi tantangan struktural, dan mengintensifkan restrukturisasi utang jika diperlukan.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif