Ilustrasi produsen minyak Saudi Aramco - - Foto: dok AFP
Ilustrasi produsen minyak Saudi Aramco - - Foto: dok AFP

Harga Minyak Bikin Laba Bersih Saudi Aramco Meroket 82%

Antara • 16 Mei 2022 10:14
Dubai: Produsen minyak Saudi Aramco membukukan kenaikan laba bersih hampir 82 persen pada kuartal pertama 2022. Kenaikan laba tersebut didorong oleh melonjaknya harga minyak dunia.
 
Mengutip Antara, Senin, 16 Mei 2022, laba Aramco tercatat sebesar USD39,5 miliar atau naik dari tahun sebelumnya yang sebesar USD21,7 miliar.
 
Sementara itu, setoran dividen sebesar USD18,8 miliar yang akan dibayarkan pada kuartal kedua, sesuai dengan ekspektasi pasar, dan menyetujui pembagian satu saham bonus untuk setiap 10 saham yang dimiliki perusahaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harga minyak mentah Brent mengakhiri kuartal pertama naik hampir 70 persen menjadi USD107,91 per barel dari akhir Maret 2021.
 
OPEC+ bulan ini menyetujui kenaikan moderat dalam target produksi minyak bulanannya. Dengan alasan pihaknya tidak dapat disalahkan atas gangguan pada pasokan Rusia yang telah menaikkan harga.
 
Saham perusahaan telah meningkat 37 persen sejak awal tahun, mengungguli indeks Saudi yang naik hampir 14 persen. Aramco melihat peningkatan margin hilir pada kuartal pertama dan sedang mencari untuk mengembangkan peluang di sektor hilir.
 
"Selama kuartal pertama, ekspansi hilir strategis kami berkembang lebih jauh di Asia dan Eropa, dan kami terus mengembangkan peluang yang melengkapi tujuan pertumbuhan kami," kata CEO Aramco Amin Nasser.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif