Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

IMF: Kejatuhan Yen Akibat Fundamental

Ekonomi IMF ekonomi jepang Mata Uang
Angga Bratadharma • 29 April 2022 11:01
Tokyo: Wakil Direktur Departemen Asia dan Pasifik IMF Sanjaya Panth mengatakan penurunan yen baru-baru ini telah didorong oleh fundamental dan tidak akan menjadi alasan bagi Jepang untuk mengubah kebijakan ekonominya. Hal itu termasuk suku bunga bank sentral yang sangat rendah.
 
Pernyataan tersebut menyoroti kesulitan yang mungkin dihadapi Tokyo jika mencari persetujuan internasional untuk campur tangan di pasar mata uang guna membendung penurunan yen lebih lanjut. Pasalnya negara-negara G7 dan G20 setuju tindakan tersebut dibenarkan hanya jika nilai tukar bergerak keluar dari garis fundamental.
 
"Apa yang kita lihat sejauh ini pada yen didorong oleh fundamental. Pembuatan kebijakan ekonomi harus terus melihat fundamental. Kami tidak melihat alasan untuk mengubah kebijakan ekonomi karena apa yang terjadi saat ini mencerminkan fundamental," kata Sanjaya Panth, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 29 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yen telah jatuh ke posisi terendah dua dekade terhadap dolar, dengan Bank of Japan (BoJ) terus mempertahankan kebijakan suku bunga ultra-rendah yang kontras dengan meningkatnya peluang kenaikan suku bunga agresif oleh Federal Reserve AS.
 
"Kami tidak melihat kondisi pasar yang tidak teratur saat ini di pasar valuta asing. Ini didorong oleh fundamental," kata Panth, ketika ditanya apakah intervensi mata uang pembelian yen oleh otoritas Jepang akan dibenarkan.
 
Pasar penuh dengan spekulasi bahwa Jepang mungkin bertindak untuk menahan penurunan yen lebih lanjut, mungkin dengan membeli yen, menaikkan suku bunga, atau mengubah panduan dovish BoJ pada jalur kebijakan moneter masa depan.
 
"Seperti yang Anda tahu, yen yang lemah tidak berdampak buruk bagi Jepang. Pada saat yang sama, itu memengaruhi rumah tangga. Ini sedikit campur aduk," pungkasnya.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif