Ilustrasi. Foto: MI
Ilustrasi. Foto: MI

Duh! Bank Dunia Sebut Negara-negara Termiskin Utang USD62 Miliar

Antara • 02 Desember 2022 07:43
Washington: Presiden Bank Dunia David Malpass menyatakan, negara-negara termiskin di dunia sekarang berutang sekitar USD62 miliar (setara Rp952,3 triliun) dalam pembayaran utang tahunan kepada kreditur bilateral resmi, atau meningkat 35 persen selama setahun terakhir.
 
Melansir Antara, Jumat, 2 Desember 2022, Malpass ikut memperingatkan adanya peningkatan beban tersebut berpotensi mendorong risiko gagal bayar (default).
 
Kepada konferensi Reuters NEXT di New York, dia bilang, dua pertiga dari beban utang ini sekarang berutang ke Tiongkok. Ia pun memberikan beberapa rincian laporan statistik utang tahunan pemberi pinjaman pembangunan yang akan dirilis minggu depan.
 
Baca juga: Bank Dunia Dukung Reformasi Ekonomi dan Transisi Energi Indonesia

"Saya khawatir tentang proses gagal bayar yang tidak teratur di mana tidak ada sistem untuk benar-benar mengatasi utang untuk negara-negara miskin," kata Malpass.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah mendapatkan informasi bahwa sebanyak 28 negara telah mendaftarkan diri menjadi pasien IMF (Dana Moneter Internasional).
 
"Saya pagi dapat informasi dari pertemuan di Washington DC, 28 negara sudah antre di markasnya IMF, menjadi pasien," kata Jokowi, dalam Investor Daily Summit 2022.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif