Ilustrasi. FOTO: AFP/Justin
Ilustrasi. FOTO: AFP/Justin

Turun Tak Terduga, Tingkat Inflasi Inggris Capai 9,9% di Agustus

Angga Bratadharma • 15 September 2022 11:52
London: Harga bahan bakar yang lebih rendah menyebabkan penurunan tak terduga dalam tingkat inflasi konsumen Inggris pada Agustus. Kondisi itu menawarkan beberapa bantuan untuk rumah tangga dan Bank of England (BoE) setelah tingkat Consumer Price Index (CPI) mencapai level tertinggi 40 tahun.
 
Mengutip The Business Times, Kamis, 15 September 2022, tingkat tahunan inflasi harga konsumen turun menjadi 9,9 persen pada Agustus dari 10,1 persen pada Juli. Situasi tersebut berada di bawah ekspektasi ekonom dalam jajak pendapat Reuters untuk naik lebih jauh ke level tertinggi baru di angka 10,2 persen.
 
CPI naik 0,5 persen dari Juli hingga Agustus berdasarkan penyesuaian non-musiman -di bawah perkiraan ekonom untuk naik 0,6 persen, kecepatan yang sama seperti bulan sebelumnya. Harga bahan bakar dan pelumas kendaraan turun 6,8 persen pada Agustus, penurunan bulanan terbesar sejak April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inggris masih berjuang melawan inflasi tertinggi di antara negara-negara maju utama, dan pasar keuangan memperkirakan BoE akan menaikkan suku bunga lebih lanjut minggu depan. Hal tersebut setelah menunda keputusan suku bunga minggu ini usai wafatnya Ratu Elizabeth.
Baca: Sri Mulyani: Penerimaan Pajak 2023 Bakal Naik Rp2,9 Triliun karena PPN

Suku bunga berjangka menunjukkan peluang 79 persen bahwa BoE akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin menjadi 2,5 persen pada 22 September. Lonjakan itu akan menjadi kenaikan suku bunga terbesar sejak 1989, tidak termasuk upaya singkat untuk meningkatkan poundsterling selama krisis nilai tukar 1992.
 
Sedangkan data biaya pabrik dan harga jual yang terpisah membawa kabar baik tentang tekanan inflasi, yang lebih lemah dari semua perkiraan. Harga input untuk bahan dan energi turun 1,2 persen secara bulanan di Agustus, penurunan pertama dalam dua tahun dan didorong oleh penurunan harga minyak mentah. Harga jual pabrik juga sedikit turun pada bulan tersebut.
 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif