Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Menteri Keuangan G7 Berencana Beri Bantuan 15 Miliar Euro untuk Ukraina

Angga Bratadharma • 20 Mei 2022 14:04
Bonn: Para menteri keuangan dari kekuatan ekonomi Kelompok Tujuh ingin mengumpulkan paket bantuan 15 miliar euro (21,9 miliar dolar Singapura) untuk Ukraina pada pertemuan mereka di Bonn minggu ini. Sejauh ini konflik kian keruh karena ikut campur negara-negara barat yang dimotori Amerika Serikat (AS).
 
Mengutip The Business Times, Jumat, 20 Mei 2022, paket itu akan mencakup tiga bulan, dengan pengaturan pembiayaan jangka pendek terutama dalam bentuk hibah, yang tidak seperti pinjaman yang tidak harus dilunasi, kata seorang pejabat. Ia mengatakan bantuan itu diperlukan karena pendapatan Ukraina telah runtuh.
 
Amerika Serikat telah menawarkan untuk menyumbangkan setengah dari bantuan dalam bentuk hibah senilai USD7,5 miliar, kata pejabat itu, seraya menjelaskan para menteri G-7 ingin menyepakati komunike bersama pada pertemuan mereka mulai Rabu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner mengatakan ada juga diskusi di antara kekuatan barat tentang bagaimana Rusia dapat dibuat untuk membantu membayar tugas besar jangka panjang guna membangun kembali Ukraina.
 
"Saya secara politis terbuka terhadap gagasan untuk merebut aset asing bank sentral Rusia,” kata Lindner dalam sebuah wawancara dengan harian bisnis Jerman Handelsblatt dan tiga surat kabar Eropa lainnya.
 
"Dalam kasus aset pribadi, kita harus melihat apa yang mungkin secara hukum. Kita harus menghormati aturan hukum, bahkan jika kita berurusan dengan oligarki Rusia," tambah Lindner.
 
Beberapa politisi Uni Eropa telah menyerukan penggunaan aset Rusia yang dibekukan oleh barat, termasuk sekitar USD300 miliar dari cadangan bank sentral Rusia, sebagai uang rekonstruksi untuk Ukraina setelah perang berakhir.
 
Tetapi ada keraguan tentang legalitas langkah semacam itu di kedua sisi Atlantik. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan itu akan menjadi pencurian langsung.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif