Amerika Serikat. Foto : AFP.
Amerika Serikat. Foto : AFP.

Jelang Brexit, AS Jadi Pelanggan Keuangan Terbesar Inggris

Ekonomi Amerika Serikat Inggris uni eropa jasa keuangan brexit
Arif Wicaksono • 08 Desember 2021 18:02
London: Amerika Serikat (AS) menjadi pasar ekspor terbesar Inggris untuk jasa keuangan menjelang Brexit. Kelompok lobi TheCityUK mengatakan  AS menyalip Uni Eropa, yakni penjualan menyusut pada 2020.
 
Sektor keuangan Inggris sebagian besar terputus dari Uni Eropa (UE), yang sebelumnya merupakan pelanggan tunggal terbesarnya, ketika Inggris sepenuhnya meninggalkan blok tersebut Desember lalu.
 
Untuk 2020, total ekspor jasa keuangan tetap sedikit berubah pada 82,4 miliar poundsterling (USD109,07 miliar). Ekspor ke UE turun 6,6 persen menjadi 24,7 miliar poundsterling, tetapi naik 4,1 persen menjadi 57,7 miliar poundsterling ke negara-negara non-UE.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ekspor ke Amerika Serikat naik 5,3 persen," kata TheCityUK, yang mempromosikan sektor keuangan Inggris di luar negeri dikutip dari Arab News, Rabu, 8 Desember 2021.
 
Surplus perdagangan jasa keuangan Inggris sebesar USD80,6 miliar tetap yang terbesar di dunia, hampir sama dengan dua negara terkemuka berikutnya, Amerika Serikat dan Singapura, jika digabungkan menjadi USD91,7 miliar.
 
UE, sementara itu, sedang membangun otonominya di bidang keuangan, sehingga tidak mungkin Inggris akan mendapatkan kembali akses tak terbatas ke investor dan pasar keuangan benua itu.
 
"Status Inggris sebagai pusat keuangan terkemuka dunia berada dalam risiko kecuali industri, pemerintah, dan regulator bekerja sama untuk meningkatkan daya saing jangka panjang, memperdalam hubungan perdagangan utama, dan fokus pada area baru pertumbuhan global di masa depan," kata Kepala Ekonom TheCityUK, Anjalika Bardalai.
 
Inggris sekarang merevisi aturan keuangannya untuk mempertahankan daya tarik London sebagai pusat keuangan global untuk bersaing dengan New York, dan melawan persaingan dari kota-kota Uni Eropa seperti Amsterdam serta negara-negara Asia lainnya. 

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif