Ilustrasi. FOTO: FREDERIC J. BROWN/AFP
Ilustrasi. FOTO: FREDERIC J. BROWN/AFP

IMF: Pasar Modal Tiongkok Harus Terbuka Jika Ingin Yuan Jadi Mata Uang Global

Ekonomi IMF ekonomi china Pasar Modal Tiongkok yuan
Angga Bratadharma • 29 April 2022 09:29
Washington: Wakil Direktur Pelaksana Pertama IMF Gita Gopinath mengatakan Tiongkok perlu memiliki pasar modal terbuka dan konvertibilitas mata uang penuh jika ingin mata uangnya yakni yuan menjadi mata uang yang digunakan secara global.
 
Ia mengatakan sejarah telah menunjukkan bahwa cadangan mata uang banyak digunakan dalam transaksi perdagangan global, seperti dolar dan pound Inggris, tidak memiliki batasan modal, seperti yang dilakukan Tiongkok. Hal itu ia katakan di acara Peterson Institute for International Economics.
 
"Jika suatu negara bercita-cita (mata uangnya) menjadi mata uang global maka pada dasarnya modal bergerak sepenuhnya dan bebas, liberalisasi akun modal penuh, dan konvertibilitas penuh nilai tukar, yang tidak benar sekarang di Tiongkok," kata Gopinath, dilansir dari The Business Times, Jumat, 29 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan perlambatan berkepanjangan ekonomi Tiongkok akan memiliki dampak global yang substansial. Meski demikian, diyakini Beijing memiliki ruang untuk menyesuaikan kebijakan untuk memberikan dukungan.
 
Adapun Dana Moneter Internasional memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi Tiongkok di tahun ini menjadi 4,4 persen atau jauh di bawah target Beijing sekitar 5,5 persen. Hal itu karena risiko penguncian covid-19 yang meluas dan adanya gangguan rantai pasokan. Tindakan Tiongkok untuk melawan perlambatan ekonominya sangat penting untuk pemulihan global.
 
"Untungnya, Tiongkok memiliki ruang kebijakan untuk memberikan dukungan kebijakan makroekonomi, termasuk mengalihkan fokus ke rumah tangga rentan guna memperkuat konsumsi, yang dapat membantu mendukung tujuan iklim Tiongkok dengan mengarahkan aktivitas ekonomi ke sektor rendah karbon," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif