Amerika Serikat. Foto : AFP.
Amerika Serikat. Foto : AFP.

Defisit Anggaran AS Capai USD3,1 Triliun

Ekonomi amerika serikat defisit anggaran pandemi covid-19
Arif Wicaksono • 18 Oktober 2020 15:25
Washington: Defisit anggaran federal Amerika Serikat (AS) melonjak ke rekor USD3,1 triliun pada tahun fiskal 2020. Pandemi covid-19 telah mendorong stimulus fiskal besar-besaran dan menyebabkan pendapatan pajak turun.
 
Menurut hasil anggaran akhir untuk tahun fiskal 2020 yang dirilis bersama oleh Departemen Keuangan AS dan Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih, defisit anggaran untuk tahun fiskal, yang berakhir pada 30 September adalah USD2,1 triliun lebih tinggi dari tahun sebelumnya, dikutip dari Xinhua, Minggu, 18 Oktober 2020.
 
Lonjakan defisit mencerminkan efek covid-19 pada ekonomi dan undang-undang untuk melindungi kesehatan masyarakat dan mendukung industri, bisnis, dan individu yang terpukul paling parah, termasuk stimulus USD2,2 triliun Coronavirus Aid, Relief, dan Economic Security Act, atau Undang-undang CARES Act, disetujui oleh Kongres pada akhir Maret.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maya MacGuineas, Presiden Komite Anggaran Federal yang Bertanggung Jawab, sebuah kelompok pengawas non-partisan, mencatat bahwa pemerintah AS mengakhiri tahun fiskal dengan utang USD21 triliun, yang berarti utang sekarang lebih besar daripada output ekonomi dalam setahun.
 
"Meminjam untuk memerangi pandemi dan krisis ekonomi masuk akal. Tapi itu bukan alasan untuk pemotongan pajak besar-besaran dan peningkatan pengeluaran yang diberlakukan sebelum pandemi, atau kegagalan untuk mengendalikan kenaikan biaya program kesehatan dan pensiun kita setelah keadaan normal kembali," kata MacGuineas.
 
Di bawah agenda kedua calon presiden, utang akan mencapai setidaknya 125 persen dari produk domestik bruto pada 2030. Uang sebesar triliunan dolar sebagai utang tambahan ketimbang rencana untuk menyelamatkan Jaminan Sosial dan Medicare.
 
"Semakin dalam kita menggali lubang ini, semakin sulit untuk mencari jalan keluar," jelas dia.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif