Arab Saudi. foto : AFP.
Arab Saudi. foto : AFP.

Ekonomi Saudi Tumbuh Laju Tercepat dalam Satu Dekade

Ekonomi Bank Dunia arab saudi OPEC ekonomi asia pandemi covid-19 Harga Minyak Dunia
Arif Wicaksono • 03 Mei 2022 13:51
Riyadh: Otoritas Umum untuk Statistik Arab Saudi atau Gastat menjelaskan Produk Domestik Bruto (PDB) riil Arab Saudi naik 9,6 persen dalam tiga bulan pertama 2022 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
 
Dikutip dari Arab News, Selasa, 3 Mei 2022, PDB riil di Arab Saudi, produsen minyak terbesar di Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan pengekspor minyak terbesar dunia (OPEC), sebagian besar didorong oleh aktivitas minyak Kerajaan yang meningkat 20,4 persen dari tahun lalu. Kegiatan non-minyak dan jasa pemerintah masing-masing naik 3,7 persen dan 2,4 persen.
 
Kenaikan harga energi, yang merupakan yang terbesar sejak krisis minyak padq 1973, bersama dengan perang di Ukraina, yang mengubah pola perdagangan, produksi dan konsumsi global, telah berkontribusi pada rekor pertumbuhan PDB ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sektor non-minyak Kerajaan juga telah berkembang pada tingkat tercepat dalam lebih dari empat tahun, menurut survei PMI Arab Saudi. Ini karena bisnis dan aktivitas baru meningkat tajam karena permintaan klien pulih setelah covid-19.
 
Peningkatan bisnis juga sejalan dengan Visi 2030, sebuah rencana reformasi yang bertujuan untuk mendiversifikasi sumber daya ekonomi negara.
 
Menurut data triwulanan yang disediakan oleh Gastat, PDB di Arab Saudi tumbuh sebesar 2,2 persen pada kuartal I-2022 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.
 
Aktivitas migas mengalami peningkatan positif secara triwulanan sebesar 2,9 persen, aktivitas nonmigas sebesar 2,5 persen, sedangkan aktivitas pemerintah mengalami penurunan sebesar 0,9 persen. Menurut Bank Dunia, harga energi diperkirakan akan naik lebih dari 50 persen pada 2022, sebelum mereda pada 2023 dan 2024.
 
Namun, perang berkepanjangan di Ukraina dan sanksi tambahan terhadap Rusia dapat mendorong harga lebih tinggi dalam waktu dekat. Oleh karena itu, Arab Saudi adalah salah satu dari sedikit negara yang akan dapat meningkatkan kapasitas produksinya, yang bahkan lebih memengaruhi PDB negara tersebut.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif