Bank sentral Filipina. Foto: Philstar Global.
Bank sentral Filipina. Foto: Philstar Global.

Bank Sentral Filipina Bisa Naikkan Suku Bunga 100 Bps

Antara • 06 Juli 2022 10:31
Manila: Bank sentral Filipina mungkin menaikkan suku bunga 100 basis poin lebih banyak tahun ini. Hal ini setelah inflasi tahunan melonjak ke level tertinggi hampir empat tahun pada Juni, terutama didorong oleh kenaikan harga pangan dan bahan bakar.
 
baca juga: R&I Pertahankan Investment Grade bagi Indonesia dengan Outlook Stabil

"Untuk memulainya, bahkan tanpa target inflasi yang dilanggar, kita harus menormalkan kebijakan moneter karena PDB pulih," kata Gubernur Bangko Sentral ng Pilipinas Felipe Medalla melalui pesan telepon dikutip dari Antara, Rabu, 6 Juli 2022.
 
Bank sentral telah menaikkan suku bunga acuannya dengan total 50 basis poin sepanjang tahun ini dan kenaikan kumulatif 100 basis poin akan membawa suku bunga acuan menjadi 3,5 persen. Tinjauan kebijakan bank sentral berikutnya adalah pada 18 Agustus 2022.
 
Sementara itu, bank sentral Malaysia akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin, kenaikan pertama berturut-turut dalam lebih dari satu dekade. Hal itu untuk mengendalikan inflasi yang sebagian berasal dari ringgit yang melemah karena Federal Reserve AS menaikkan suku bunga secara agresif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Semua 22 ekonom dalam jajak pendapat 27 Juni-1 Juli memperkirakan suku bunga akan naik lagi 25 basis poin menjadi 2,25 persen pada pertemuan 6 Juli. Bank sentral terakhir menaikkan suku bunga dua kali berturut-turut pada pertengahan 2010.
 
Mengutip Antara, Senin, 4 Juli 2022, Bank Negara Malaysia (BNM), meskipun menghadapi inflasi yang rendah dibandingkan dengan banyak ekonomi lainnya, secara tak terduga menaikkan suku bunga kebijakan overnight sebesar 25 basis poin menjadi 2,00 persen pada pertemuan Mei.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif