Bendera Chile. Foto: Santiago Airport.com.
Bendera Chile. Foto: Santiago Airport.com.

Bank Sentral Chile Naikkan Suku Bunga Menjadi 9,75%

Antara • 14 Juli 2022 10:51
Santiago: Bank sentral Chile menaikkan suku bunga acuannya menjadi 9,75 persen dari sebelumnya 9,0 persen dan mengatakan pihaknya memperkirakan kenaikan suku bunga lebih lanjut akan diperlukan untuk mengendalikan inflasi yang melonjak.
 
baca juga: Inflasi AS Bisa Picu Kenaikan Suku Bunga Fed 100 Poin

Kenaikan 75 basis poin itu disetujui oleh seluruh anggota dewan bank sentral. Hal ini melanjutkan percepatan kenaikan Suku Bunga Kebijakan Moneter (Monetary Policy Rate/MPR) Chile yang dimulai tahun lalu dan mencapai 9,0 persen pada Juni 2022.
 
Dalam sebuah pernyataan, bank sentral mengatakan peningkatan ketidakpastian internal telah menyebabkan depresiasi peso yang kuat.
 
"Dalam jangka pendek, perkembangan ini memicu kenaikan tambahan harga-harga domestik, dalam konteks di mana inflasi dan persistensinya sudah meningkat," kata bank sentral itu dikutip dari Antara, Kamis, 14 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dewan memperkirakan kenaikan MPR baru akan diperlukan untuk memastikan konvergensi inflasi menjadi 3,0 persen selama dua tahun". Kenaikan tersebut melebihi jajak pendapat operator dan analis yang memperkirakan MPR pada Juli sebesar 9,5 persen.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif