Bendera Italia. Foto: AFP.
Bendera Italia. Foto: AFP.

Italia Berencana Putuskan Ketergantungan dari Pasokan Gas Rusia

Ekonomi ekonomi italia Eropa Italia Rusia-Ukraina Gas Industri
Arif Wicaksono • 03 Mei 2022 15:58
Milan: Menteri Transisi Ekologi Italia Roberto Cingolani menegaskan Italia berencana untuk memutuskan ketergantungan pada pasokan gas Rusia pada paruh kedua 2024.
 
"Kita harus mandiri pada paruh kedua 2024, kita bisa melakukannya tanpa mengimpor gas Rusia," kata Cingolani dalam sebuah wawancara dengan harian La Repubblica dikutip dari Antara, Selasa, 3 Mei 2022.
 
Saat ditanya tentang mekanisme pembayaran gas dengan mata uang ruble yang diusulkan Rusia, Cingolani mengatakan bahwa Komisi Uni Eropa (EU) perlu mengambil keputusan politik yang jelas dan tidak ambigu. Keputusan yang jelas itu, menurut Cingolani, untuk menghindari tanggung jawab dialihkan ke masing-masing pemerintah negara serta perusahaan minyak dan gas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para menteri energi negara anggota Uni Eropa  mengadakan pembicaraan darurat untuk membahas upaya menanggapi permintaan Moskow agar pembeli Eropa membayar gas Rusia dalam rubel atau menghadapi pemutusan pasokan gas.
 
Rusia pekan lalu menghentikan pasokan gas ke Bulgaria dan Polandia setelah kedua negara itu menolak untuk membayar dengan mata uang rubel.
 
Negara-negara EU tersebut sudah berencana untuk berhenti menggunakan gas Rusia tahun ini dan mengatakan mereka dapat mengatasi penghentian pasokan gas tersebut.
 
Aturan pembayaran gas dalam ruble dapat membantu melindungi ekonomi Rusia dari dampak sanksi Barat. Rusia memasok 40 persen pasokan gas ke EU dan memenuhi 26 persen impor minyak EU.
 
Komisi Eropa pada akhir Mei akan mengungkap rencana untuk mengakhiri ketergantungan Eropa pada bahan bakar fosil dari Rusia pada 2027, termasuk dengan memperluas penggunaan energi terbarukan dan merenovasi bangunan untuk mengonsumsi lebih sedikit energi.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif