Kilang Minyak. Foto : AFP.
Kilang Minyak. Foto : AFP.

Krisis Energi dan Kenaikan Permintaan, Harga Minyak Naik 0,41%

Ekonomi Gas uni eropa krisis energi Harga Minyak Dunia Menguat
Arif Wicaksono • 17 Januari 2022 11:22
Jakarta: Harga minyak mencatat kenaikan minggu keempat berturut-turut, dan prospek tetap bullish berkat kendala pasokan dan kekuatan permintaan dan pemulihan ekonomi global.
 
Harga minyak naik sebesar 0,41 persen pada perdagangan hari ini ke level USD84,23 per barel pada perdagangan Senin, 17 Januari 2022. Sementara harga gas sebesar USD4,3 per MMTBU (Million British Thermal Unit) atau naik 1,69 persen.
 
Kenaikan harga minyak diikuti dengan harga gas. Hal ini terjadi karena komoditas minyak merupakan substitusi dari gas, sehingga kenaikan harga gas juga mendorong harga minyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Merchant Commodity Fund,  Doug King memprediksi kenaikan lebih lanjut dalam harga minyak, mengatakan bahkan bisa mencapai USD200 per barel selama lima tahun ke depan.
 
“Kami percaya pada inflasi komoditas sisi penawaran struktural yang sebagian besar tidak akan pernah terlihat – tertinggi sejak 1970-an,” kata King, dikutip dari Oilprice.com, Senin, 17 Januari 2022.
 
Dia mengatakan hanya OPEC yang akan bereaksi terhadap metrik harga dan melakukan undershooting harga minyak setiap bulan.
 
Kepala Strategi Komoditas di Saxo Bank, Ole Hansen, dikutip dari CNBC, Senin, 17 Januari 2022, mengatakan bahwa harga gas di Uni Eropa (UE) dan Inggris tetap bergantung pada cuaca, kecepatan pengiriman, dan Rusia.
 
“Hingga Januari, harga gas telah kembali naik, sekali lagi dengan prospek cuaca yang lebih dingin mendorong peningkatan permintaan untuk pemanas dan pasokan yang sangat, sangat rendah dari Rusia, terutama melalui dua jalur pipa penting melalui Polandia dan Ukraina,” tambah Hansen.
 
Dia menyoroti kebijakan energi dan penyimpanan yang gagal di Eropa dan Inggris, yang telah membuat kawasan itu sangat bergantung pada impor gas, terutama mengingat tingkat pembangkit listrik dari sumber terbarukan yang masih tidak dapat diandalkan.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif