Pencharian di situs Google. Foto: AFP.
Pencharian di situs Google. Foto: AFP.

Data Google: Barang-Barang Portable untuk Traveling Paling Banyak Diminati

Arif Wicaksono • 28 Februari 2023 17:08
Jakarta: Konsumen Indonesia mulai beradaptasi dengan berbagai platform digital dan inovasi produk elektronik terbaru. Konsumen mulai mencari produk-produk yang sifatnya portable dan ditujukan untuk kebutuhan traveling.
 
Laporan dari Google mengenai produk yang diminati konsumen dikutip Selasa, 28 Februari 2023, menggambarkan meningkatnya kembali aktivitas traveling, konsumen mulai melirik produk-produk portable yang dapat dibawa untuk melengkapi waktu liburan seperti 'setrika uap portable' naik 30 persen, 'mesin cuci portable' naik 70 persen. Pencarian terkait 'drone' di YouTube pun naik hingga 80 persen.
 
baca juga: Google Sudah Latih 6.000 Lebih Mahasiswa Lewat Program Bangkit

Meningkatnya aktivitas traveling juga memengaruhi pencarian terkait produk elektronik portable untuk meningkatkan penampilan maupun perawatan diri. Contohnya di YouTube pencarian terkait 'hair dryer' dan 'catok rambut' naik 70 persen dan 100 persen. Bahkan, pencarian terhadap 'Nano Spray' di Google melonjak hingga 450 persen.
 
Ketertarikan konsumen terhadap tren smartphone terbaru pun tetap terlihat. 'HP lipat' yang merupakan inovasi terbaru di industri smartphone mulai dilirik, terlihat pencarian tekari produk tersebut di YouTube melonjak naik hingga 210 persen.

Selain kebutuhan terhadap barang pelengkap kebutuhan traveling, keputusan pemerintah Indonesia menghentikan akses TV analog free-to-air mendorong konsumen mencari cara untuk tetap bisa menonton siaran digital pada TV analognya.

Pencarian smart TV

Hal ini terlihat dari meningkatnya pencarian terkait 'smart TV' hingga 50 persen. Kemudian pencarian 'set-top box' yang melambung naik 260 persen, dan pencarian terkait 'TV digital' yang melonjak hingga 200 persen.
 
Ketika pada saat pandemi pembelian dan pencarian informasi berfokus pada platform digital, kini para konsumen mulai memiliki keinginan untuk datang ke toko offline secara langsung. Hal ini terlihat dari dengan kata kunci 'Toko TV Terdekat' yang naik 20 persen dan 'Toko Elektronik Terdekat' naik 30 persen.
 
Laporan Google menekankan bisnis secara offline dan online harus dilakukan pelaku bisnis. Strategi yang disebut omnichannel ini penting karena orang akan mencari produk atau toko secara online untuk kemudian mengunjungi secara offline.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan