Ilustrasi Bank Sentral Eropa - - Foto: dok AFP
Ilustrasi Bank Sentral Eropa - - Foto: dok AFP

Siap-siap, Suku Bunga Bank Sentral Eropa Naik Juli

Ekonomi suku bunga uni eropa Bank Sentral
Antara • 12 Mei 2022 10:40
Slovenia: Bank Sentral Eropa (ECB) memperkuat ekspektasi pasar terkait rencana penaikan suku bunga acuan pada Juli nanti. Kenaikan ini guna memerangi rekor inflasi yang terus memanas di wilayah Eropa.
 
Presiden ECB Christine Lagarde turut mendukung langkah tersebut, dengan mengatakan bank sentral akan mengakhiri program stimulusnya di awal kuartal ketiga yang diikuti oleh kenaikan suku bunga.
 
Sebagian besar bank sentral utama lainnya telah menaikkan biaya pinjaman, tetapi ECB masih memompa uang tunai ke dalam sistem keuangan melalui pembelian obligasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harapan saya adalah mereka akan diselesaikan pada awal kuartal ketiga," kata Lagarde pada sebuah konferensi di ibu kota Slovenia, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Sementara itu, inflasi mencapai 7,5 persen di zona euro bulan lalu dengan harga energi masih naik di atas target ECB yang sebesar dua persen.
 
"Apa yang dimulai sebagai kejutan satu kali kini telah menjadi fenomena yang lebih luas," kata pembuat kebijakan ECB Bostjan Vasle pada acara yang sama. "Ketika keadaan berubah, respons kebijakan harus mengikuti," tambah gubernur bank sentral Slovenia itu.
 
Anggota dewan ECB Isabel Schnabel mengatakan ECB perlu bertindak untuk melindungi kredibilitasnya dan menghentikan ekspektasi inflasi, yang telah meningkat menjadi dua persen.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif