Ilustrasi biji gandum. Foto: FAO.
Ilustrasi biji gandum. Foto: FAO.

Siap-siap! India Bakal Izinkan Pengiriman Gandum Keluar Negeri

Antara • 17 Mei 2022 17:58
New Delhi: India akan mengizinkan pengiriman gandum ke luar negeri menunggu izin bea cukai. Pemerintah India memperkenalkan beberapa relaksasi dalam ekspor setelah melarang penjualan bahan pokok ke luar negeri pada Sabtu, 14 Mei 2022.
 
India juga akan mengizinkan ekspor gandum ke Mesir, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.
 
"Telah diputuskan, di mana pun kiriman gandum telah diserahkan ke Pabean untuk diperiksa dan telah didaftarkan ke dalam sistem (Pabean) mereka, baik pada 13 Mei 2022, atau sebelumnya, akan diizinkan untuk dikirim keluar," kata pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


India melarang ekspor gandum pada Sabtu, 14 Mei 2022, hanya beberapa hari setelah mengatakan pihaknya menargetkan pengiriman rekor 10 juta ton tahun ini, karena gelombang panas yang menyengat membatasi produksi dan harga domestik mencapai rekor tertinggi.
 
Pemerintah mengatakan hanya akan mengizinkan ekspor yang didukung oleh letter of credit (LC), atau jaminan pembayaran, yang diterbitkan sebelum 13 Mei.
 
Ketentuan tersebut menimbulkan ketidakpastian. Dari sekitar 2,2 juta ton gandum di pelabuhan atau dalam perjalanan, para pedagang mengatakan mereka memiliki LC hanya untuk 400 ribu ton.
 
Keputusan untuk melarang ekspor gandum juga menjebak sekitar 1,8 juta ton biji-bijian di pelabuhan, membuat para pedagang menghadapi kerugian besar dari prospek penjualan ke pasar domestik yang lebih lemah.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif