Kegiatan ekspor impor Singapura. Foto: AFP/Roslan.
Kegiatan ekspor impor Singapura. Foto: AFP/Roslan.

Ekonomi Singapura Susut 41,2% di Kuartal II

Ekonomi ekonomi singapura
Ade Hapsari Lestarini • 14 Juli 2020 13:27
Singapura: Kementerian Perdagangan dan Industri (MTI) Singapura mengumumkan Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal kedua negara itu turun 12,6 persen secara year on year (yoy). Angka ini turun 0,3 persen dibandingkan triwulan pertama.
 
Melansir Xinhua, Selasa, 14 Juli 2020, kontraksi PDB ini terkait tindakan Circuit Breaker/CB (pemutus sirkulasi) yang dilaksanakan dari 7 April hingga 1 Juni 2020 untuk memperlambat penyebaran covid-19.
 
Hal tersebut mencakup penangguhan layanan tidak penting dan penutupan sebagian besar tempat kerja. Serta lemahnya permintaan eksternal di tengah penurunan ekonomi global yang dipicu oleh pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada basis tahunan yang disesuaikan secara musiman kuartal ke kuartal, ekonomi Singapura menyusut 41,2 persen pada kuartal kedua jika dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.
 
Adapun sektor manufaktur Singapura meningkat 2,5 persen yoy di kuartal kedua, berkat lonjakan output di klaster manufaktur biomedis.
 
Sementara sektor konstruksi mengalami kontraksi sebesar 54,7 persen yoy, penurunan signifikan triwulan sebelumnya yang turun 1,1 persen.
 
Sedangkan industri yang memproduksi jasa mengalami kontraksi 13,6 persen yoy, lebih curam dari penurunan triwulan sebelumnya sebesar 2,4 persen.
 
Angka perkiraan PDB lanjutan yang dirilis Selasa sebagian besar dihitung dari data dalam dua bulan pertama kuartal ini, menurut kementerian. Angka-angka ini dimaksudkan sebagai indikasi awal pertumbuhan PDB pada kuartal tersebut dan dapat direvisi ketika data yang lebih komprehensif tersedia.
 
Kementerian mengatakan akan merilis perkiraan PDB awal untuk kuartal kedua Agustus ini.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif