Amerika Serikat. Foto : AFP.
Amerika Serikat. Foto : AFP.

Utang AS Diprediksi Capai Dua Kali Lipat PDB pada 2050

Ekonomi amerika serikat Utang Covid-19
Arif Wicaksono • 23 September 2020 13:03
Washington: Kantor Anggaran Kongres (CBO) mengatakan utang Amerika Serikat (AS) diproyeksikan mencapai hampir dua kali lipat ukuran ekonomi pada 2050. Hal ini didorong oleh respons fiskal besar-besaran terhadap resesi yang dipicu covid-19.
 
"Bahkan setelah efek pandemi virus korona 2020 memudar, defisit dalam beberapa dekade mendatang diproyeksikan menjadi besar menurut standar historis," kata laporan itu yang memprediksi defisit federal meningkat dari lima persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) AS pada 2030 menjadi 13 persen pada 2050, dikutip dari Xinhua, Rabu, 23 September 2020.
 
Defisit anggaran yang diproyeksikan akan meningkatkan utang federal dari 98 persen PDB pada 2020 menjadi 195 persen dari PDB pada 2050, tepat di bawah dua kali ukuran total ekonomi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Utang federal yang tinggi dan meningkat membuat ekonomi lebih rentan terhadap kenaikan suku bunga dan, bergantung pada bagaimana utang itu dibiayai, dan meningkatnya inflasi," kata laporan itu.
 
Laporan itu juga memperingatkan beban utang yang terus meningkat, juga meningkatkan biaya pinjaman dan meningkatkan risiko krisis fiskal.
 
"Laporan CBO menunjukkan defisit triliunan dolar selama 30 tahun berturut-turut yang tumbuh dan berkembang, tanpa keraguan bahwa kita berada di jalur fiskal yang berbahaya dan tidak berkelanjutan," kata CEO dari Peter G. Peterson Foundation, Michael A. Peterson.
 
"Begitu kita keluar dari pandemi, akan menjadi lebih penting dan mendesak daripada sebelumnya bagi para pemimpin kita untuk mengelola utang kita, untuk memastikan bahwa Amerika lebih siap untuk masa depan, posisi yang lebih baik untuk pertumbuhan yang luas dan inklusif, dan memenuhi kewajiban moral kita. Untuk generasi mendatang," tambahnya.
 
Dana Moneter Internasional atau IMF juga memperingatkan pada Juni bahwa utang publik AS berada pada jalur yang tidak berkelanjutan. Serta dan penyesuaian kebijakan diperlukan untuk menurunkan defisit fiskal dan menempatkan utang publik pada jalur yang menurun secara bertahap dalam jangka menengah.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif