Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Ekonomi Singapura Tumbuh 5,9% di Kuartal IV

Ekonomi ekonomi singapura Singapura pandemi covid-19
Antara • 03 Januari 2022 09:33
Singapura: Ekonomi Singapura tumbuh sedikit lebih tinggi dari yang diperkirakan pada kuartal keempat 2021 dari tahun sebelumnya. Kondisi itu terjadi di tengah pandemi covid-19 yang sampai sekarang belum hilang dan memberikan dampak terhadap perekonomian.
 
Mengutip Antara, Senin, 3 Januari 2022, pusat keuangan dan transportasi itu mengalami pemulihan yang tidak merata tahun lalu, ketika negara-negara di seluruh dunia mengubah strategi virus korona mereka untuk hidup bersama pandemi.
 
Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh 5,9 persen pada Oktober-Desember pada basis tahun-ke-tahun, Kementerian Perdagangan dan Industri mengatakan dalam sebuah pernyataan. Para Ekonom yang disurvei memperkirakan pertumbuhan 5,4 persen. PDB tumbuh 2,6 persen pada basis penyesuaian musiman kuartal-ke-kuartal untuk periode Oktober-Desember.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indikator utama tren ekonomi tumbuh 7,2 persen pada 2021, laju tercepat sejak 2010, data awal menunjukkan pada Senin dan sebagian besar sejalan dengan proyeksi resmi pemerintah sekitar 7,0 persen. Pemerintah sebelumnya mengatakan mereka memperkirakan PDB tumbuh 3,0 persen hingga 5,0 persen tahun ini.
 
Di sisi lain, data resmi menunjukkan produksi manufaktur Singapura terpantau terus meningkat pada November 2021, meskipun laju pertumbuhan melambat menjadi 14,6 persen secara tahun-ke-tahun. Sedangkan pada Oktober, produksi manufaktur telah meningkat sebanyak 17 persen di tengah pandemi yang masih berlangsung.
 
"Tidak termasuk manufaktur biomedis, produksi tahun-ke-tahun November tumbuh 12,4 persen," kata Dewan Pengembangan Ekonomi (EDB) Singapura.
 
Pada basis bulan-ke-bulan yang disesuaikan secara musiman, produksi meningkat 2,3 persen. Tidak termasuk manufaktur biomedis, produksi tumbuh 2,7 persen. Manufaktur biomedis, kimia, dan kluster teknik transportasi melemah pada November, sementara industri elektronik, teknik presisi, dan manufaktur umum berkembang.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif