Gelliat konsumen Tiongkok. Foto : AFP.
Gelliat konsumen Tiongkok. Foto : AFP.

Indeks Harga Konsumen Tiongkok Naik 0,2% di Desember 2020

Ekonomi konsumen tiongkok
Arif Wicaksono • 11 Januari 2021 16:35
Beijing: Biro Statistik Nasional (NBS) mencatat indeks harga konsumen Tiongkok (CPI), alat pengukur utama inflasi, naik 0,2 persen tahun ke tahun di Desember 2020. Angka ini naik dari penurunan 0,5 persen di November 2020.
 
CPI mengukur perubahan harga barang dan jasa dari perspektif konsumen. Ini adalah cara utama untuk mengukur perubahan tren pembelian dan inflasi. CPI naik tipis 0,7 persen dalam skala bulanan, dibandingkan dengan penurunan 0,6 persen yang tercatat di November 2020.
 
"Harga makanan naik 1,2 persen tahun ke tahun bulan lalu, membalikkan penurunan dua persen di November dan berkontribusi sekitar 0,26 persen pada kenaikan IHK," kata Ahli Statistik Senior di NBS Dong Lijuan, dikutip dari Xinhua, Senin, 11 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meningkatnya permintaan konsumen, kenaikan biaya dan kondisi cuaca khusus adalah faktor utama yang mendorong CPI kembali ke wilayah positif.
 
Secara rinci, harga sayuran dan buah-buahan naik 6,5 persen tahun ke tahun di Desember. Sementara harga daging sapi dan kambing naik 4,6 persen dari tahun sebelumnya.
 
Pada 2020, CPI Tiongkok naik 2,5 persen tahun ke tahun, tetap berada dalam target tahunan pemerintah sekitar 3,5 persen.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif