Ilustrasi. AFP PHOTO/LOUISA GOULIAMAKI
Ilustrasi. AFP PHOTO/LOUISA GOULIAMAKI

Tingkat Inflasi Yunani Tembus 10,2%, Tertinggi sejak 1995

Ekonomi ekonomi yunani Yunani Inflasi Global
Media Indonesia.com • 11 Mei 2022 11:08
Athena: Tingkat inflasi di  Yunani melonjak sebanyak 10,2 persen pada April dan merupakan level tertinggi sejak 1995. Badan statistik negara, Elstat, mengaitkan kenaikan itu dengan melonjaknya harga bahan bakar dan perumahan.
 
Mengutip Mediaindonesia.com, Rabu, 11 Mei 2022, dikatakan harga gas alam telah naik 122,6 persen sejak April 2021. Ini disertai dengan kenaikan 88,8 persen dalam biaya listrik, 35,2 persen dalam biaya perumahan secara keseluruhan, serta 10,9 persen dalam makanan dan minuman.
 
Angka-angka agensi menunjukkan harga di Yunani terus meningkat sejak awal 2021. Inflasi mulai meningkat setelah negara-negara keluar dari pembatasan pandemi covid-19 tahun lalu. Namun itu semakin memburuk setelah invasi Rusia ke Ukraina. Pasalnya, invasi itu mendorong harga energi dan pangan semakin tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, Presiden Vladimir Putin mendesak seluruh elemen di Rusia untuk berperang dalam pidato Hari Kemenangan pada Senin, 9 Mei 2022. Tetapi dia tetap diam tentang rencana untuk setiap eskalasi di Ukraina, meskipun ada peringatan Barat, ia mungkin menggunakan pidato di Lapangan Merah itu untuk memerintahkan mobilisasi nasional.
 
Di Ukraina, pertempuran tidak pernah berhenti, dengan serangan rudal menghancurkan bangunan di pelabuhan selatan Odesa dan dorongan baru oleh pasukan Rusia untuk mengalahkan pasukan Ukraina terakhir yang bertahan di pabrik baja di Mariupol yang hancur.
 
Parade tahunan pada Senin di Moskow -dengan rudal balistik dan tank yang biasa bergemuruh melintasi bebatuan- dengan mudah diawasi dengan ketat sejak kekalahan Nazi di 1945 yang dirayakannya.
 
Sementara pihak Barat secara terbuka berspekulasi selama berminggu-minggu bahwa Putin mendorong pasukannya untuk mencapai kemajuan yang cukup pada tanggal simbolis untuk menyatakan kemenangan -tetapi dengan sedikit keuntungan sejauh ini, mungkin malah mengumumkan seruan perang secara nasional.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif