Korea Selatan. Foto : AFP.
Korea Selatan. Foto : AFP.

Inflasi Korsel Melesat Tajam

Ekonomi IMF Inflasi korea selatan ekonomi asia
Arif Wicaksono • 03 Mei 2022 11:03
Seoul: Indeks harga konsumen Korea Selatan (Korsel) pada April naik jauh lebih cepat dari yang diharapkan dan pada laju tercepat mereka dalam 13 setengah tahun lebih dari setahun sebelumnya. Kenaikan ini dipimpin oleh lonjakan harga energi dan beberapa makanan.
 
Data Statistik Korsel menunjukkan indeks harga konsumen (CPI) naik 4,8 persen pada April dari tahun sebelumnya, meningkat dari kenaikan 4,1 persen pada bulan sebelumnya dan jauh lebih cepat dari kenaikan 4,4 persen yang diperkirakan dalam survei Reuters dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 3 Mei 2022.
 
Angka ini bahkan melebihi perkiraan tertinggi di antara 11 ekonom dalam survei dan menandai pertumbuhan tahunan tercepat sejak Oktober 2008, sementara berdiri di atas target dua persen bank sentral untuk bulan ke-13 berturut-turut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini lebih cepat dari yang kami harapkan dan menunjukkan waktunya juga akan datang lebih lambat dari yang kami perkirakan ketika inflasi mulai melambat dan stabil," kata Ekonom Senior di Meritz Securities Stephen Lee.
 
Indeks naik 0,7 persen dalam skala bulanan, dibandingkan dengan kenaikan 0,4 persen yang diperkirakan dalam survei, setelah naik 0,7 persen di bulan Maret.
 
Inflasi inti, mengukur pertumbuhan harga tidak termasuk energi dan makanan, sedikit meningkat menjadi 3,1 persen pada basis tahun-ke-tahun di April dari 2,9 persen di Maret dan menandai tertinggi sejak Mei 2009.
 
Bank sentral Korea Selatan bulan lalu menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 1,50 persen dalam sebuah langkah mengejutkan karena meningkatkan perang melawan inflasi yang merajalela.
 
Ini menandai kenaikan keempat dari suku bunga dasar Bank of Korea sejak memulai siklus pengetatan kebijakan pada Agustus tahun lalu sebagai salah satu bank sentral pertama di negara-negara berpenghasilan tinggi yang melakukannya.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif